Rabu 20 Mei 2020, 15:07 WIB

Marsekal TNI Yuyu Sutisna Ukir Prestasi di Langit Nusantara

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Marsekal TNI Yuyu Sutisna Ukir Prestasi di Langit Nusantara

Antara
Masekal TNI, Yuyu Sutisna

 

DISAKSIKAN Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Marsekal TNI Yuyu Sutisna resmi melepas jabatan sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) per hari ini, Rabu (20/5), posisinya digantikan oleh Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Masekal TNI Yuyu Sutisna menjabat sebagai KASAU ke-22 sejak 17 Januari 2018 setelah dilantik oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Istana Negara. Selama kepemimpinannya, berbagai prestasi mampu dicapai antara lain TNI AU mampu mempertahankan kondisi zero accident atau nol kecelakaan. Hal lain yakni  kesejahteraan prajurit dapat ditingkatkan dengan adanya kenaikan tunjangan kinerja hingga 70% pada 2019.

Berikutnya, pada pelaksanaan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), di bawah KASAU Masekal Yuyu Sutisna TNI AU berhasil menunjukkan kontribusinya bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi bencana alam yang terjadi, dengan melakukan berbagai operasi dukungan seperti Operasi Penanggulangan Bencana Gempa Bumi Lombok, 29 Juli 2018, Gempa dan Tsunami Palu-Donggala 28 September 2018, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau dan Kalimantan tahun 2019, tsunami Banten 22 Desember 2018, banjir bandang Sentani Jayapura 16 Maret 2019, operasi dukungan dalam rangka pengamanan Pemilu Presiden 17 April 2019, operasi pengendalian banjir dengan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) pada awal tahun 2020, dan operasi penanggulangan pandemi covid-19 pada 2020. Pada bidang latihan, pada 2018, TNI AU turut berpartisipasi pada latihan pertempuran skala besar Pitch Black di Australia, ini membuktikan kemampuan awak pesawat dan alutsista TNI AU telah setara dengan Angkatan Udara maju.

Baca juga :Yudo Margono Dilantik Jadi KSAL, Fadjar Prasetyo KSAU

Pencapaian lain yakni validasi organisasi yang merupakan upaya perbaikan dalam tubuh TNI Angkatan Udara dengan tiga komando utama yaitu Koopsudnas, Kodiklatau, dan Koharmatau sebagai bentuk peningkatan dan penyederhanaan struktur organisasi TNI AU, sehingga organisasi akan menjadi lebih modern, efektif, dan efisien.

Dalam bidang personel, Marsekal TNI Yuyu Sutisna juga dianggap memiliki perhatian tinggi, terutama dalam hal yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan prajurit.

Guna membantu para prajurit untuk dapat memiliki rumah sebelum memasuki masa purna tugas, TNI AU hadir melalui program perumahan non-dinas (TWP). Program ini telah dilaksanakan sejak dua tahun terakhir dan secara bertahap dapat membangun sebanyak 1,130 rumah pada tahun 2018 dan 1,854 rumah pada tahun 2019 (on progress 1,441 rumah, sudah serah terima 413 rumah)

Selain perumahan, pertanggungan premi asuransi personel TNI Angkatan Udara juga telah ditingkatkan 25% lebih besar dari sebelumnya. TNI Angkatan Udara juga memberikan santunan kepada 46 ahli waris prajurit yang gugur dalam tugas, beserta beasiswa untuk 75 putra putri sampai lulus sekolah.

"Semua prestasi yang telah dicapai TNI AU bukanlah karena kerja dirinya semata sebagai Kasau, namun berkat kerja keras, kerja sama serta dedikasi dari seluruh komponen yang secara bersama-sama bahu membahu demi kemajuan TNI AU," ucapnya seperti dikutip dari siaran resmi TNI AU. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok. Sekretariat MPR

Solidaritas dan Kedermawanan Modal Wujudkan Keadilan Sosial

👤Retno Hemawati 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:14 WIB
KEDERMAWANAN dan solidaritas pada orang lain mampu menjadi modal sosial bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh...
MI/Dwi Aprini

Dua Kurir Sabu 79 Kg di Palembang Divonis Mati

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 03 Juni 2020, 18:05 WIB
DUA orang kurir sabu yang ditangkap Pangkalan TNI AL Palembang pada Oktober 2019 lalu, divonis hukuman mati oleh Pengadilan Negeri...
DOK DPR RI

Puan Dorong Sivitas Akademika Terus Berinovasi Tangkal Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Juni 2020, 17:55 WIB
Puan menambahkan, perguruan tinggi harus mampu menginisiasi serta melakukan terobosan di bidang kesehatan dan bidang lainnya dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya