Rabu 20 Mei 2020, 13:05 WIB

Pemberlakukan Lockdown di Wilayah RW 12 Desa Waru Sidoarjo

Heri Susetyo | Nusantara
Pemberlakukan Lockdown di Wilayah RW 12 Desa Waru Sidoarjo

MI/Heri Susetyo
Wilayah RW 12 Desa Waru Sidoarjo yang di-lockdown

 

Hingga kini, kebijakan lockdown masih diberlakukan di RW 12 Desa Waru Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo karena lokasi ini menjadi klaster baru covid-19.

Wilayah ini menjadi klaster baru covid-19 setelah ada 15 warga yang terkonfirmasi positif covid-19. Selain itu, ada 15 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 6 orang berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan), dan dua orang meninggal dunia.

Bahkan saat dilakukan rapid test pada 256 warga di RW ini, ternyata ada 54 yang menunjukkan reaktif. Semunya sudah menjalani swab test dan sedang menunggu hasil.

Agar penyebaran covid-19 tidak semakin parah, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo memberlakukan lockdown pada wilayah RW 12 ini.

Baca juga: Dekati 500 Kasus Penyebaran Coid-19 di Kalsel Mengkhawatirkan

Hanya warga yang hasil rapid test-nya negatif yang boleh keluar masuk. Namun, dia harus menunjukkan surat keterangan RT/RW dan di bawah pengawasan langsung aparat gabungan TNI/Polri.

Awak media hanya diperbolehkan mengambil gambar di pintu masuk RW.

"Warga harus taat peraturan, tapi mereka juga harus mendapatkan dukungan dari perangkat desa, Pemkab Sidoarjo, TNI, Polri, termasuk dinas sosial terkait pemenuhan kebutuhan selama lockdown," kata Pelaksana Tugas Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin.

Oleh karena itu, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo memastikan ketersediaan sembako bagi warga RW 12. Mereka diperbolehkan mengambil sembako yang sudah disediakan Polri/TNI di pintu masuk lokasi RW.

"Untuk kebutuhan warga, kami sudah menyiapkan sembako, yaitu beras, minyak goreng, roti, sayur, lauk, bahkan kebutuhan makan sahur dan buka puasa," kata Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo Kombes Sumardji, Kamis (20/5). (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Gusti Tanati

Disemprot Water Canon, Satu Warga Jayapura Tewas

👤Marcel Kelen 🕔Selasa 26 Mei 2020, 11:38 WIB
Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal mengklarifikasi bahwa korban dan rekannya disemprot water canon karena masih beraktivitas...
MI/Arnolduis Dhae

Bali dan Banyuwangi Sepakat Perketat Keluar Masuk Warga

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:58 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra memastikan penduduk pendatang yang berpotensi masuk ke Bali di masa-masa arus balik...
MI/Rendy Ferdiansyah

28 Pasien Covid-19 di Babel Dinyatakan Sembuh

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:34 WIB
Hingga H+3 hari raya Idul Fitri atau Selasa (26/5), jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Babel sebanyak 39 orang tersebar di 5...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya