Rabu 20 Mei 2020, 12:50 WIB

Presiden Target Indonesia Ekspor Alat Tes Covid-19

Candra Yuri Nuralam | Humaniora
Presiden Target Indonesia Ekspor Alat Tes Covid-19

Antara
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno (ketiga kiri).

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) ingin alat buatan Indonesia bisa menangani permasalahan wabah virus korona (covid-19). Jokowi yakin alat buatan Indonesia mampu.

"Saya sangat optimistis hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan kita hanya impor. Sekarang ini kita bisa mandiri," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/5).

Ada 50 alat buatan Indonesia yang saat ini sedang dikembangkan untuk menangani wabah virus korona. Sembilan di antaranya sudah dilihat langsung oleh Presiden Jokowi. Salah satunya bahkan siap untuk produksi massal.

"Saya sudah melihat sendiri ada rapid test. Saya tanya bisa produksi berapa? Sudah kira-kira 100 ribu? Kalau diproduksi sudah langsung jalan? PCR test kit juga sama katanya apakah sudah berproduksi? (Dijawab) sudah pak," ujar Jokowi.

Baca juga: Belajar Dari Rumah Bisa Jadi Cetak Biru Pendidikan Saat Bencana

Jokowi ingin alat-alat itu terus dikembangkan. Dia berharap alat itu bisa juga dijual ke luar negeri untuk membantu ekonomi negara jika sudah rampung.

"Harus bisa diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik kita dan juga bisa ekspor ke mancanegara," ucap Jokowi.

Hal itu merupakan angin segar bagi Indonesia. Jokowi optimistis ke depan Indonesia bisa mengembangkan vaksin dari perkembangan ini.

"Karena kita bisa produksinya sendiri dan lebih dari itu kita juga harus mampu menghasilkan vaksin sendiri," tutur Jokowi.

Baca juga: Presiden Tuntut Indonesia Bisa Buat Vaksin Covid-19 Sendiri

Menurut Jokowi, pembuatan vaksin di Indonesia bukanlah hal yang mustahil. Saat ini, kata dia, Lembaga Eijkman sudah mendapatkan data mengenai tujuh genome virus untuk pengembangan vaksin.

"Itu sangat berguna untuk pengembangan vaksin dan saya juga senang komunitas peneliti terus bekerja untuk menemukan obat dan terapi yang efektif bagi pengobatan covid-19," ucap Jokowi. (X-15)

 


 

Baca Juga

Ilustrasi

Gugus Tugas akan Beri Dukungan Penuh kepada Tiga Provinsi

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 04 Juni 2020, 16:00 WIB
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan memberikan dukungan penuh kepada tiga provinsi yang memiliki lonjakan kasus covid-19...
Antara

Doni Monardo Tegaskan Protokol Kesehatan Harga Mati

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 04 Juni 2020, 15:45 WIB
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Doni Monardo kembali menegaskan protokol kesehatan di masa kenormalan baru (new normal)...
Antara

Taujihat MUI Pastikan Larang Salat Jumat Dua Sif

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 04 Juni 2020, 15:43 WIB
"Orang Islam yang tidak dapat melaksanakan salat Jumat disebabkan suatu 'uzur syar'i hanya diwajibkan melaksanakan salat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya