Rabu 20 Mei 2020, 12:32 WIB

Bahar Smith Telah Tiba di Nusakambangan

Bahar Smith Telah Tiba di Nusakambangan

ANTARA/Novrian Arbi
Bahar Smith

 

BAHAR Smith menempati Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Batu, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, setelah dipindahkan dari Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kami baru dapat pemberitahuan (rencana pemindahan Bahar) tengah malam. Pukul 06.00 WIB tadi tiba di Wijayapura, terus menyeberang, sampai Lapas Batu pukul 06.35 WIB," kata Kepala Lapas Kelas I Batu Erwedi Supriyatno saat dihubungi, Rabu (20/5).

Karena Lapas Batu dikhususkan untuk napi berisiko tinggi (high risk), kata dia, Bahar ditempatkan dalam satu kamar sendiri tanpa ada napi lainnya.

Baca juga: Bahar Smith Dipindah ke Nusakambangan

"Kalau di Lapas Batu one man one cell (satu orang satu sel), karena high risk. Jadi sendirian (dalam satu kamar)," tegasnya.

Ia mengatakan proses pemindahan Bahar hingga penerimaan di Lapas Batu telah berjalan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Bahkan, kata dia, pihaknya juga melaksanakan SOP yang berkaitan dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Bahar dipindahkan setelah simpatisan pendukungnya melakukan gangguan keamanan dan ketertiban saat menggeruduk Lapas Kelas IIA Gunung Sindur.

"Merujuk pada kondisi tersebut, Kalapas Khusus Gunung Sindur telah berkoordinasi dengan Kakanwil Jawa Barat yang selanjutnya disetujui oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, untuk Habib Bahar bin Smith ditempatkan sementara waktu di Lapas Kelas I Batu Nusakambangan," ujar Kepala Bagian Humas Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Apriyanti dalam keterangan di Jakarta, Rabu (20/5). (OL-1)

Baca Juga

MI/PIUS ERLANGGA

Perpres TNI Ancam Kebebasan Berekspresi

👤RO/Micom 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:07 WIB
Siskha menilai tidak ada urgensi perluasan mandat baru TNI dalam kondisi krisis menghadapi pandemi...
Ilustrasi

Pemerintahan Jokowi diminta Serius Lindungi Kebebasan Berpendapat

👤Putra Ananda 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:01 WIB
"Ini yang jadi catatan bagi PBHI bagaimana teror itu dianggap sebagai jalan pintas untuk menghentikan dialetika dan diskusi juga debat...
Ilustrasi

ICW Minta Kasus OTT Pegawai UNJ Ditindaklanjuti

👤Emir Chairullah 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:34 WIB
Menurut Peneliti Indonesia Corruption Watch ( ICW) Kurnia Ramadhana, update secara berkala tersebut merupakan bentuk akuntabilitas dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya