Rabu 20 Mei 2020, 12:25 WIB

Pemkab Musi Banyuasin Tegaskan Takbiran dan Salat Id di Rumah

Dwi Apriani | Nusantara
Pemkab Musi Banyuasin Tegaskan Takbiran dan Salat Id di Rumah

MI/Dwi Apriani
Rapat bersama forkopimda di Musi Banyuasin membahas takbiran dan salat ied di rumah masing-masing.

 

SATUAN Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bersama Kementerian Agama Muba dan Majelis Ulama Indonesia sepakat melarang warganya melakukan takkbiran keliling dan salat Id di lapangan atau masjid. Seluruh kegiatan Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan di rumah bersama keluarga inti.

Tata cara pelaksanaan takbir dan salat Id mengikuti edaran dari Kemenag RI. Kesepakatan menggelar takbiran dan salat Id di rumah bersama keluarga inti diikuti dengan penerbitan Surat Seruan Bersama mengajak umat muslim Muba melaksanakan takbiran dan salat Idul Fitri 1441 H di rumah masing-masing.

"Langkah kita selaras dengan keputusan Pemerintah Pusat. Di tengah wabah covid-19 ini tetap diperbolehkan melaksanakan takbiran dan salat Ied sendiri-sendiri maupun berjamaah bersama keluarga di kediaman masing-masing," ungkap Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, Rabu (20/5)

Ia mengatakan, seruan bersama ini sebagai upaya meminimalisir serta memutus mata rantai penularan wabah covid-19 di Muba.

"Kita ketahui bersama bahwa pandemi covid-19 masih terjadi. Kiita berharap dengan seruan bersama ini umat muslim di Muba tetap menjalankan ibadah dengan khusyuk dan tetap menjaga kesehatan diri dan bersatu melawan penyeberan covid-19 di Muba yang kita cintai," tuturnya.

Kakanwil Kemenag Muba, Subrata mengajak semua umat muslim di Muba untuk mengikuti seruan bersama tersebut. 

"Mari kita melaksanakan ibadah takbiran dan salat Id di rumah masing-masing bersama keluarga demi memutus rantai penularan covid-19," ajaknya.

baca juga: Pidie Melarang Warga Takbiran Keliling

Ketua MUI Muba Thamrin Nawawi juga mengatakan, dengan Seruan Bersama tersebut umat muslim di Muba dapat melaksanakan ibadah lebih khusyuk dan akan terhindar dari potensi penularan covid-19 baik bagi keluarga dan masyarakat Sumsel.

"Seruan ini kita ambil demi kebaikan kita bersama, dan mari kita melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, bersama keluraga dirumah masing-masing," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

MI/Ramdani

Pengumuman Kelulusan dan Kenaikan Kelas di Sumenep Lewat WhatsApp

👤Mohammad Ghozi 🕔Senin 01 Juni 2020, 16:26 WIB
"Karena berada pada masa belajar di rumah, pengumuman kelulusan SD dan SMP akan disampaikan melalui pesan berantai maupun grup...
ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Sidoarjo akan Gunakan Mal Pelayanan Publik untuk Tempat Isolasi

👤Heri Susetyo 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:57 WIB
"Kita akan gunakan lantai atas MPP untuk tempat isolasi dan perawatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Syaf...
Ilustrasi

Pelaku Penyerangan Polsek, Diduga Simpatisan ISIS

👤Yona Hukmana 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:55 WIB
Pelaku penyerangan Polsek Daha Selatan, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (1/6), yang menewaskan satu anggota polisi itu, diduga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya