Rabu 20 Mei 2020, 11:40 WIB

Palestina Akhiri Semua Perjanjian dengan Israel dan AS

Nur Aivanni | Internasional
Palestina Akhiri Semua Perjanjian dengan Israel dan AS

AFP/NASSER NASSER
Presiden Palestina Mahmoud Abbas saat memimpin meeting di markas besarnya, di kota Ramallah, Tepi Barat

 

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengumumkan pada Selasa (19/5) bahwa pemerintahannya mengakhiri semua perjanjian yang ditandatangani dengan Israel dan Amerika Serikat, termasuk kerja sama keamanan. Pernyataan tersebut muncul sebagai respons Palestina atas rencana Israel yang akan mencaplok wilayah Tepi Barat.

"Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan negara Palestina dibebaskan pada hari ini dari semua perjanjian dan pemahaman dengan pemerintah Amerika dan Israel dan semua komitmen berdasarkan pada pemahaman dan perjanjian ini, termasuk tentang keamanan," Abbas berkata dalam pidatonya, seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (20/5).

Baca juga: Pandemi Bisa Jerumuskan 60 Juta Orang ke Kemiskinan Ekstrem

Dikutip dari Al Jazeera, Abbas membuat pengumuman tersebut selama pertemuan darurat yang diadakan di Ramallah untuk membahas rencana Israel. Pada Februari, Abbas mengancam akan menarik diri dari perjanjian setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengungkap rencananya di Timur Tengah, yang mencakup kemungkinan aneksasi.

Adapun implikasi dari langkah yang diambil Abbas tersebut masih belum jelas. Dalam pidatonya, yang disiarkan di televisi Palestina, Abbas juga mengatakan dia masih siap untuk bernegosiasi dengan Israel dan tetap berkomitmen untuk mengakhiri konflik berdasarkan solusi dua negara.

Pencaplokan wilayah Tepi Barat sebagai bagian dari rencana Timur Tengah Trump merupakan janji kampanye pemilihan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Beberapa laporan dari Israel menunjukkan bahwa pejabat keamanan Palestina telah diperintahkan untuk berhenti berbicara dengan rekan-rekan mereka dari Israel. (The Guardian/Al Jazeera/OL-14)

Baca Juga

AFP/Jim Watson

Amankan Tiket Nominasi Demokrat untuk Melawan Trump

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 21:49 WIB
Biden melewati ambang batas, Jumat malam, setelah tujuh negara bagian dan Distrik Columbia mengadakan pemilihan primer awal pekan...
AFP

Angka Kematian Covid-19 Iran Lampaui 8.200

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 20:44 WIB
Jahanpour mengatakan 130.300 pasien telah pulih dan dipulangkan dari rumah sakit sejauh ini. Sementara 2.578 pasien masih dalam kondisi...
AFP/Giusepp Cacace

G20 Janjikan Lebih dari 21 Miliar Dolar AS untuk Perangi Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 18:35 WIB
G20 menjelaskan, dana jumbo tersebut akan diarahkan pada diagnostik, vaksin, terapi, serta penelitian dan pengembangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya