Rabu 20 Mei 2020, 11:17 WIB

Wagub DKI: 60% Warga Memilih Tetap di Rumah Selama PSBB

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Wagub DKI: 60% Warga Memilih Tetap di Rumah Selama PSBB

MI/RAMDANI
Suasana sepi di kawasan BUndaran HI, Jakarta, Minggu (29/3).

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB), banyak warga sudah memahami bahaya penularan Covid-19 dengan memilih tetap di rumah.

Menurutnya, sejak diberlakukan PSBB di Jakarta angka proporsi warga berada di rumah meningkat sampai hampir 60%.

Baca juga: 23 Ribu Lebih Paket Sembako Dibagikan ke Ciracas dan Kramat Jati

"Alhamdulillah berkat kerja sama kita semua, terutama 60% warga yang memilih berada dirumah selama PSBB," ujar Riza dalam akun instagram-nya @bangariza, Jakarta, Rabu (20/5).

Gubernur Anies Baswedan secara resmi telah menyampaikan memperpanjang status PSBB di Jakarta selama 14 hari mulai 22 Mei - 4 Juni. Riza menuturkan, perpanjangan status tersebut berdasarkan kajian ilmiah dari tim ahli epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

"Makin banyak orang berada di rumah, makin kecil penularan. Sebaliknya, makin banyak orang di luar rumah maka makin tinggi penularan," jelas Riza.

Ketua DPP Gerindra itu menyebut, adanya penurunan penularan Covid-19 bisa terjadi kalau warga disiplin mematuhi aturan PSBB dan tetap berada di rumah.

Pada Maret 2020, ungkapnya, angka reproduksi/ tingkat penularan awal (Rt) di DKI adalah empat, artinya satu orang bisa menulari empat orang lainnya.

"Pada 17 Mei angka reproduksi (Rt) kita di kisaran 1,11. Sudah mulai stabil 2-3 minggu terakhir. Sedikit lagi, idealnya angka reproduksi (Rt) harus ditekan di bawah satu baru bisa kita anggap terkendali," tandas Riza. (OL-6)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Jumatan Perdana Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

👤Dhk/Put/Uta/Tri/Alw/MetroTV/X-10 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:15 WIB
Jemaah salat Jumat menjalankan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, mencuci tangan sebelum masuk masjid, dan menjaga jarak. Selain...
Antara/Indrianto Eko Suwarso

Pejalan Kaki dan Pesepeda Jadi Raja Jalanan Selama PSBB Transisi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 23:30 WIB
Dalam pasal 21 ayat 1 berbunyi 'Selama masa transisi untuk semua ruas jalan diutamakan bagi pejalan kaki dan pengguna transportasi...
MI/Ramdani

Anies Resmi Teken Keputusan Tentang PSBB Transisi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 22:42 WIB
Keputusan Gubernut No 563 tahun 2020 tentang Pemberlakuan, Tahapan, dan Pelaksanaan Kegiatan/Aktivitas PSBB Pada Masa Transisi Menuju...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya