Rabu 20 Mei 2020, 11:05 WIB

Menko PMK: Menuju 'New Normal', Harus Optimistis, Tetap Waspada

Putri Anisa Yuliani | Humaniora
Menko PMK: Menuju

Antara/Pradanna Putra Tampi
Pasien COVID-19 yang telah sembuh meninggalkan ruang perawatan RS Khusus Infeksi Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (3/5/2020).

 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi mess perawat yang berada satu komplek dengan Rumah Sakit (RS) Khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang, Batam.

Pada kesempatan tersebut, Muhadjir menjelaskan saat ini di RS Galang terdapat 95 pasien covid-19. Sedangkan total kapasitas tempat tidur dari RS yang dibangun atas inisiatif Presiden itu dapat mencapai 360 tempat tidur.

"Dari 95 orang yang dirawat di sini, alhamdulillah dalam keadaan sehat. Tidak ada satu pun yang mengalami fatalitas. Itu artinya kita patut bersyukur antisipasi terburuknya tidak terjadi dan Indonesia masih mendapatkan kondisi sangat baik dalam menghadapi covid-19," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (19/5).

Muhadjir menekankan kondisi demikian tidak berarti masyarakat boleh lengah, melainkan justru harus meningkatkan kewaspadaan dan terus menjaga kehati-hatian sampai wabah covid-19 betul-betul tuntas.

Terlebih, jika nanti memasuki era 'new normal life' atau kehidupan normal kembali pasca covid-19, masyarakat diimbau tetap mempertahankan perilaku hidup bersih dan beradaptasi dengan keadaan normal yang baru.

"Bagaimanapun covid-19 ini harus kita hadapi. Ke depan, selain tindak tanduk kita yang harus menyesuaikan dengan perilaku virus covid-19 ini, salah satunya adalah kita siapkan RS yang memang akan melayani covid-19 seperti yang ada di Pulau Galang," ucapnya.

Baca juga: Setelah Pandemi, Bisnis Pariwisata Bangkit Lagi

Bahkan menurut rencana, RS Galang nantinya akan digunakan untuk melayani para pekerja migran. Sebagaimana diketahui, Pulau Galang adalah penyebrangan masuknya para pekerja Indonesia yang bekerja di luar, khususnya di negeri tetangga.

"Ini nanti akan kita bicarakan kembali. Syukur-syukur bisa jadi RS rujukan utama. Karena posisinya Batam yang strategis, maka RS ini menjadi sangat strategis untuk kepentingan pelayanan khusus wilayah Batam dan wilayah Indonesia bagian barat," tutur Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Pada kesempatan tersebut, Muhadjir yang juga didampingi para pejabat lainnya juga tak lupa mengucapkan terima kasih atas dedikasi para dokter, tenaga medis, dan juga tenaga teknisi yang telah berjasa di RS Galang.

"Kepada para dokter, tenaga kesehatan, tenaga teknisi yang telah mendedikasikan untuk RS ini saya ucapkan terima kasih," tuturnya.(OL-14)

Baca Juga

MI/Ramdani

Sri Mulyani Maraton Halalbihalal Virtual

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 27 Mei 2020, 03:15 WIB
PANDEMI covid-19 turut memengaruhi tradisi halalbihalal masyarakat pada Idul Fitri kali ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati,...
Antara/Muhammad Iqbal

Kemenag Susun Panduan Kurikulum Darurat Untuk Madrasah

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 26 Mei 2020, 22:30 WIB
Panduan itu merupakan pedoman bagi satuan pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran di madrasah pada masa darurat...
Dok. AHEB

Produsen Minuman Suplemen Ini Berdonasi ke Tenaga Medis

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 26 Mei 2020, 22:26 WIB
Bantuan dari AHEB disalurkan ke 10 RS di wilayah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya