Rabu 20 Mei 2020, 07:55 WIB

BPOM Siap Bantu Tes Covid-19

Antara | Humaniora
BPOM Siap Bantu Tes Covid-19

ANTARA/Adiwinata Solihin
Seorang staf mengenakan APD di laboratorium milik BPOM Provinsi Gorontalo.

 

KEPALA Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito mengatakan badan yang dipimpinnya siap mengerahkan segala potensi untuk
percepatan pengujian spesimen covid-19.

"Dengan mengerahkan segala sumber daya di pusat dan daerah, kami berupaya seoptimal mungkin membantu percepatan penanganan covid-19, termasuk penyediaan laboratorium pengujian spesimen," kata Penny dalam siaran pers yang diterima, Rabu (20/5).

Dia mengatakan percepatan pengujian itu dilakukan melalui Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN) dan 21 Balai Besar/Balai POM yang memiliki alat Real Time Polymerase Chain Reaction.

Baca juga: Pegadaian Serahkan Rp2 Miliar Donasi untuk Penanganan Covid-19

Alat RT PCR itu disiagakan untuk membantu percepatan pengujian covid-19 di daerah.

Kepala BPOM mengatakan pihaknya siap mendukung pengujian spesimen covid-19 dengan peminjaman instrumen RT-PCR, Sumber Daya Manusia (SDM) penguji, maupun pengujian hasil ekstraksi spesimen bila terjadi peningkatan kasus covid-19 yang signifikan di daerah.

Penny mengatakan lima laboratorium BPOM siap mendukung percepatan pengujian spesimen covid-19.

"Kapasitas pengujian spesimen covid-19 sebanyak 300 sampel/hari oleh PPPOMN, 200 sampel/hari oleh Balai POM di Gorontalo, 150 sampel/hari oleh Balai Besar POM di Makassar, 90 sampel/hari oleh Balai Besar POM di Jayapura dan 180 sampel/hari oleh Balai POM di Ambon," katanya.

Per 18 Mei, kata dia, dua laboratorium BPOM menguji 868 spesimen dari RS Darurat Wisma Atlet dan Asrama Haji.

Kemudian, lanjut dia, Balai POM di Gorontalo menguji 730 spesimen dan laboratorium Balai Besar POM di Jayapura dan Balai POM di Ambon masing-masing telah menguji 41 dan 153 sampel ekstraksi RNA spesimen covid-19.

"Selain itu, laboratorium PCR milik Balai Besar POM di Makassar telah siap operasional untuk melakukan pengujian spesimen covid-19 dan saat ini sedang menunggu koordinasi penerimaan spesimen yang akan diuji," katanya.

Hingga saat ini, tercatat 16 Balai Besar/Balai POM yang memiliki RT-PCR telah atau dalam proses meminjamkan peralatan pengujian berupa RT-PCR dan pendukungnya kepada laboratorium di 16 provinsi.

Ke-16 provinsi tersebut adalah Riau, Sumatra Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tenggara serta Lampung, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara dan Sulawesi Barat. (OL-1)

Baca Juga

Medcom.id

Pemerintah Terus Berupaya Capai 10 Ribu Tes Spesimen per Hari

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 01 Juni 2020, 09:19 WIB
Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, pada Minggu (31/5), jumlah spesimen yang diperiksa...
MI/BARRY FATHAHILLAH

Kemenkes Sebut Kasus DBD Melandai

👤Atalya Puspa 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:57 WIB
Meskipun kini kasus DBD terkendali, Kemenkes tetap mendorong masyarakat agar melakukan pemberantasan sarang...
DOK MI

Pasien Covid-19 di RSD Galang Sebanyak 36 Orang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 01 Juni 2020, 07:55 WIB
Sejak 12 April hingga hari ini ada 135 pasien yang terdaftar di rumah sakit tersebut. Sebanyak 98 orang dinyatakan sembuh Covid-19 atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya