Rabu 20 Mei 2020, 07:39 WIB

Tom Moore Dapat Gelar Bangsawan Inggris

Basuki Eka Purnama | Internasional
Tom Moore Dapat Gelar Bangsawan Inggris

AFP/Emma SOHL / CAPTURE THE LIGHT
Kapten Tom Moore berpose dengan kue ulang tahun saat merayakan ulang tahunnya yang ke-100.

 

PEMERINTAH Inggris, Selasa (19/5), memberikan gelar bangsawan kepada veteran Perang Dunia II Tom Moore, yang sukses menjadi pahlawan nasional setelah mengumpulkan dana untuk tenaga kesehatan selama pandemi covid-19.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menominasikan pria berusia 100 tahun itu untuk meraih gelar bangsawan setelah dia sukses mengumpulkan dana sebesar 32,8 miliar pound sterling dengan berjalan keliling taman rumahnya.

Moore menargetkan melakukan 100 kali keliling taman sepanjang 25 meter sebelum berulang tahun ke-100 untuk mengumpulkan dana sebesar 1.000 pound sterling untuk tenaga kesehatan.

Baca juga: Korban Tewas Akibat Covid-19 di Inggris Lewati Angka 41 Ribu

Namun, dana mulai mengalir setelah upaya menarik perhatian nasional dan internasional sebagai kabar baik di tengah pandemi covid-19.

Pesawat tempur Royal Air Force melakukan terbang lintas di hari ulang tahun Moore dan sebanyak 140 ribu orang mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun untuk kapten Angkatan Darat Inggris itu. Adapun Angkatan Darat Inggris, tempat Moore mengabdi dan ditempatkan di India dan Myanmar, menberinya pangkat kehormatan Kolonel.

"Aksi pengumpulan dana Kolonel Tom sukses memecahkan rekor, menjadi inspirasi bagi warga kami, dan menjadi terang di tengah kabut covid-19," ujar Johnson.

"Atas nama semua orang yang tergerak oleh kisah luar biasa ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Anda. Anda adalah harta nasional," imbuhnya.

Pemberian gelar kebangsawanan yang diikuti dengan titel Sir, akan diberikan secara resmi oleh Ratu Elizabeth II. (AFP/OL-1)

 

Baca Juga

AFP/MANDEL NGAN

Trump Akhiri Hubungan AS dengan WHO

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 06:29 WIB
Trump kemudian menuduh WHO gagal meminta pertanggungjawaban Beijing atas pandemi virus korona...
AFP/YONHAP

Korsel Kembali Berlakukan Pembatasan, Dubes RI Keluarkan Imbauan

👤Antara 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 06:15 WIB
Dubes Umar Hadi meminta para WNI yang berada di Korsel, khususnys di Seoul, untuk mematuhi aturan yang berlaku saat pengetatan pembatasan...
AFP

Korsel Batasi Jumlah Siswa Sekolah

👤MI 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 03:10 WIB
KOREA Selatan kemarin membatasi jumlah siswa yang bersekolah di sekitar ibu kota Seoul menyusul munculnya kembali kasus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya