Rabu 20 Mei 2020, 07:10 WIB

Pasien Sembuh Sumbang Plasma Darah

MI | Nusantara
Pasien Sembuh Sumbang Plasma Darah

ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/hp
PASIEN SEMBUH DARI COVID-19 DONORKAN PLASMA DARAHNYA

 

SEMBUH dari covid-19 tidak membuat lima warga Nusa Tenggara Timur mengurung diri. Kemarin, mereka mendatangi kantor Palang Merah Indonesia NTT untuk menyumbangkan masing-masing 200 cc plasma darah.

Dokter Stef Soka, Kepala Unit Transfusi Darah PMI NTT, menyambut kedatangan mereka. "Mendonorkan darah setelah terinfeksi korona dilakukan segera agar antibodi masih berada dalam volume tinggi."

Setiap pasien covid-19 membutuhkan 400 cc plasma darah untuk membantu ketahanan tubuh selama perawatan. Terapi plasma darah mulai dilakukan di Indonesia guna mempercepat proses penyembuhan pasien korona.

El Asamau, salah satu pasien sembuh, mengaku senang bisa menyumbangkan plasma darahnya. "Semula ragu, tapi saya dapat dukungan dari kepala dinas kesehatan yang hadir di kantor PMI." Di Agam, Sumatra Barat, kerja keras pemkab untuk melakukan pelacakan (tracing) terhadap tiga klaster penjangkitan korona sudah tuntas dilakukan. Sebanyak 365 warga dari enam kecamatan sudah melakukan tes swab. Pemkab Agam berharap kasus penularan baru bisa ditekan.

"Di klaster J, kami mendapati 1 positif, klaster AG 8 positif, dan klaster WN 2 orang positif. Kini mereka menjalani isolasi yang disediakan pemkab dan secara mandiri," tutur Bupati Agam, Indra Catri.

Di Jawa Timur, tes cepat yang digelar di Desa/Kecamatan Warung, Kabupaten Sidoarjo, menunjukkan hasil mengejutkan. Dari 303 warga, 54 reaktif covid-19. Rapid test di daerah itu dilakukan menyusul adanya klaster baru penjangkitan korona di RW 12.

Di Jawa Tengah, adanya temuan seorang pedagang terjangkit membuat pemerintah kota memutuskan menutup sementara Pasar Pagi Salatiga. "Pedagang yang berasal dari Kabupaten Semarang sudah menjalani perawatan di rumah sakit. Kami sudah melakukan tes cepat terhadap tujuh pedagang di pasar yang sama," tutur Kepala Dinas Perdagangan Kota Salatiga Kusumo Aji.

Tes cepat juga dilakukan terhadap 130 karyawan Brastagi Supermarket di Medan, Sumatra Utara, setelah kasir di toko itu positif korona. "Ada 14 karyawan yang reaktif," tutur kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi. (PO/YH/HS/AS/PS/AU/RD/AD/TJ/N-2)

Baca Juga

MI/Ferdinandus Rabu

BST Diperpanjang Sampai Desember, Kemajuan Desa Bisa Melambat

👤Ferdinandus Rabu 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 12:32 WIB
Rencana pemerintah memperpanjang bantuan sosial sampai Desember dikhawatirkan bisa mengganggu pembangunan...
MI/Dwi Apriani

Perwali PSBB Palembang Resmi Diubah

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 12:24 WIB
Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, ada beberapa poin yang aturan dalam Perwali direvisi sebab PSBB tahap kedua ini lebih...
MI/Gabriel Langga

Cak Imin Salurkan Sembako Untuk Warga Kurang Mampu di Sikka

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 11:46 WIB
Bantuan dari Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar langsung diperuntukan bagi warga kurang mampu yang ada di wilayah Kelurahan Wairotang,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya