Rabu 20 Mei 2020, 06:50 WIB

Maybank Indonesia Cetak Laba Rp538,2 Miliar di Kuartal I 2020

MI | Ekonomi
Maybank Indonesia Cetak Laba Rp538,2 Miliar di Kuartal I 2020

DOK MAYBAN
RUPST MAYBANK INDONESIA: Presiden Direktur PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) Taswin Zakaria (kedua dari kiri)

 

PT Bank Maybank Indonesia Tbk mengumumkan kenaikan laba bersih setelah pajak dan kepentingan nonpengendali (profit after tax and minority interest /PATAMI) sebesar 29,7% menjadi Rp538,2 miliar pada kuartal I yang berakhir 31 Maret 2020.

Dalam siaran resminya kemarin, laba bersih kuartal I 2020 itu didapat dari peningkatan pendapatan nonbunga (fee based income) dan pengelolaan biaya strategis secara berkelanjutan (sustained strategic cost management).

"Sejalan dengan perbaikan dan perubahan yang kami lakukan sejak tahun lalu, ekspektasi kami dapat mencatat kinerja yang positif di awal tahun dengan kenaikan PATAMI sebesar 29,7% dalam tiga bulan pertama 2020," papar Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria.

Ia memaparkan pendapatan nonbunga (fee based income) makin menunjukkan peningkatan dan menjadi sumber pendapatan utama di saat Maybank Indonesia mengambil langkah selektif dalam menumbuhkan portofolio di tengah kondisi pasar saat ini.

"Pandemi global ini akan berdampak pada kinerja kami dalam tahun ini dan kami akan tetap harus menjaga kualitas aset. Kami akan terus menjaring peluang bisnis di bidang perbankan digital dengan memberi solusi keuangan yang inovatif dengan meningkatkan customers experience kepada para nasabah, di samping memberikan dukungan untuk menjaga kelangsungan bisnis mereka," papar Taswin.

Maybank Indonesia mencatat pertumbuhan pendapatan nonbunga sebesar 16,0% menjadi Rp597,6 miliar pada Maret 2020 jika dibandingkan dengan Rp515 miliar pada Maret 2019. Pertumbuhan itu terutama didukung oleh peningkatan pendapatan fee global market, bancassurance, investasi, dan fee transaksi jaringan elektronik (e-channel).

Kinerja Maybank Indonesia juga berhasil memperkuat profil pendanaan yang tecermin dari peningkatan rasio CASA (current account saving account) dari 31,7% pada Maret 2019 menjadi 37,4% pada Maret 2020 dengan nilai tabungan meningkat sebesar 18,1%. (RO/E-2)

Baca Juga

MI/Reza Sunarya

Mentan SYL: Ketahanan Pangan Kunci Gerakkan Ekonomi

👤Reza Sunarya 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 21:25 WIB
SEKTOR pertanian menjadi solusi nyata terhadap dampak yang diakibatkan pandemi covid 19, terutama dengan melemahnya ekonomi...
DOK KEMENTAN

Wagub: Siap Dukung Mentan Jadikan Jabar Penyangga Pangan Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 20:15 WIB
Wagub yang sering dipanggil Kang Uu mengatakan bahwa dalam meningkatkan ekonomi, masyarakat dapat melakukannya lewat pertanian. Karena itu...
DOK KEMENTAN

Komisi IV Dukung Perbaikan Irigasi Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 19:21 WIB
Dedi mengatakan, pemerintah saat ini sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp18,44 triliun untuk program padat karya yang diselenggarakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya