Rabu 20 Mei 2020, 03:08 WIB

Efek Korona, Bundesliga Atur Pembatasan Gaji Pemain

Ant | Sepak Bola
Efek Korona, Bundesliga Atur Pembatasan Gaji Pemain

AFP
Bundesliga

 

PRESIDEN Federasi Sepak bola Jerman (DFB) Fritz Keller mengajukan rencana penerapan salary cap atau batasan gaji di Liga Jerman untuk membantu keberlangsungan sepak bola. Ia menilai pandemi Covid-19 memberi kesempatan untuk melakukan reformasi untuk masa depan.

"Kita harus membawa sepak bola profesional kembali dekat kepada masyarakat. Kita harus memikirkan salary cap," kata Keller seperti dikutip laman resmi DFB.

"Komisi-komisi untuk para penasehat pemain dan nilai transfer yang besar semakin menjengkelkan masyarakat dan memisahkannya dari olahraga yang kita cintai ini," tambahnya.

Salary cap merupakan batasan gaji yang harus dipatuhi para klub peserta kompetisi. Sebagai contoh, pada kompetisi bola basket NBA, batasan gaji maksimal adalah sebesar 49 sampai 51% pendapatan tahunan.

Ia menambahi bahwa sepak bola Jerman perlu melakukan kritik mandiri, dan krisis akibat korona telah menawarkan kesempatan untuk melihat ke depan dan mereposisi sepak bola agar dapat terjaga demi generasi yang akan datang.

Selain itu, bagi Keller, kapasitas tes Covid-19 di sepak bola dapat membantu masyarakat secara umum.

"Saya melihat sepak bola memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi. Pencegahan dan tes-tes skala besar dapat membantu menahan penyebaran virus sampai vaksinnya dikembangkan," imbuhnya.

"Politik dan sains mestinya memilih untuk melakukan tes-tes pencegahan, di sana sepak bola akan melakukan kontribusinya dengan pendekatan ini, dengan kekuatan, popularitas, logistik, dan infrastruktur yang luar biasa," pungkas mantan presiden SC Freiburg itu.

Pada Sabtu (16/5), Liga Jerman menjadi satu-satunya kompetisi papan atas Eropa yang dilanjutkan setelah ditangguhkan dua bulan akibat pandemi korona. (OL-8).

Baca Juga

Seno

Awas Alleskoenner Kai Havert!

👤Suryopratomo Dewan Redaksi Media Group 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:59 WIB
Havert memang merupakan pemain yang serbabisa. Ia bisa bermain sebagai ujung tombak, tetapi juga mampu menjadi pemain sayap yang berbahaya....
AFP

Sekali Posting Bersponsor di Instagram, Ronaldo Raup Rp17 Miliar

👤Widhoroso 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:45 WIB
Ronaldo, yang kini berseragam Juventus, masih menjadi penghasil uang terbanyak melalui postingan di akun instagram...
AFP/RONALD WITTEK

Dibekap Freiburg, Gladbach Terancam Turun Posisi

👤Widhoroso 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 04:15 WIB
Bayer Leverkusen yang berada di posisi lima dengan poin sama, 56, berpeluang menggeser Gladbach karena belum memainkan laga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya