Rabu 20 Mei 2020, 05:30 WIB

Wagub Tindak Mobil Travel

Yose Hendra | Nusantara
Wagub Tindak Mobil Travel

ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi
Wakil Gubernur Nasrul Abit.

 

MASIH banyaknya pelanggaran dalam pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Sumatra Barat (Sumbar) membuat Wakil Gubernur Nasrul Abit turun tangan. Ia turun ke lapangan dan memaksa 11 kendaraan penumpang dari arah Riau yang akan masuk Sumbar untuk memutar balik.

Tindakan itu dilakukan Wagub Sumbar saat sidak ke posko covid-19 di perbatasan Sumbar-Riau, yakni di wilayah Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, kemarin dini hari. Enam di antara mobil yang dilarang masuk Sumbar merupakan mobil-mobil travel.

“Travel tidak ada yang boleh lewat sini, harus memutar balik. Kita tidak izinkan travel masuk karena Sumbar masih memberlakukan PSBB hingga 29 Mei,” tegas Nasrul.

Wagub Nasrul bersama Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan dan Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra mendadak mengunjungi posko di perbatasan Sumbar-Riau karena banyaknya laporan dari masyarakat bahwa mobil travel Padang-Pekanbaru masih aktif beroperasi. Mereka masuk ke wilayah Sumbar. Padahal, PSBB dilakukan untuk menekan penyebaran covid.

Kedatangan Wagub Sumbar juga mengagetkan para petugas di posko itu, apalagi ia langsung memerintahkan kendaraan bernomor polisi Riau untuk berputar balik. Kendati Wagub bertindak tegas, banyak pengemudi kendaraan mencoba menunggu kesempatan masuk Sumbar dengan berhenti di salah satu warung.

Oleh karena itu, Nasrul kembali menegaskan tidak akan ada kendaraan travel asal Riau yang diizinkan masuk Sumbar. “Tidak ada yang tipu-tipu saya. Tidak ada satu pun kendaraan di sini bisa masuk Sumbar. Saya akan catat semua pelat nomor yang ada di sini. Berani masuk Sumbar, kendaraan ini kita tahan sesuai aturan,” tegasnya.

Ancaman Wagub membuat para sopir travel kabur dengan kendaraan masing-masing ke daerah asal, Riau. Sumbar memberlakukan PSSB sejak 22 April hingga 5 Mei, kemudian diperpanjang mulai 6 hingga 29 Mei.

Sementara itu, sejumlah daerah di Jawa Barat memutuskan memperpanjang pelaksanaan PSBB. Daerah yang memperpanjang PSBB antara lain Kabupaten Bandung Barat dan Cianjur.

Bandung Barat mengambil keputusan memperpanjang lagi PSBB ke tahap III mulai hari ini karena berdasarkan hasil evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, wilayah itu masih berada dalam zona kuning. Cianjur mengajukan perpanjangan PSBB parsial di 16 kecamatan dari 18 kecamatan yang melaksanakan PSBB sebelumnya pada 6-19 Mei.

Kota Palembang

Pemerintah Kota Palembang terus mematangkan draf peraturan wali kota terkait penerapan PSBB di kota itu untuk segera mengirimnya ke Gubernur Sumatra Selatan. PSBB di kota itu direncanakan mulai diberlakukan besok, dengan didahului tahap sosialisasi. Selanjutnya, pada H+2 Hari Raya Idul Fitri, sanksi akan mulai dijatuhkan kepada para pelanggar PSBB.

Ketegasan dalam upaya menekan penyebaran covid-19 juga dilakukan Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Pemerintah setempat siap mengarantina warga yang tidak mengenakan masker di tempat umum. Karantina yang berlangsung satu malam dilakukan di Gedung Korpri Purbalingga dan Bumi Perkemahan Munjulluhur.

Di sisi lain, Pemkot Kupang, Nusa Tenggara Timur, belum mengajukan PSBB kendati kasus transmisi lokal virus korona baru atau covid-19 di kota itu menunjukkan tren meningkat. Hingga kemarin, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT melaporkan terjadi penambahan lima orang positif korona. (DG/BB/DW/LD/PO/N-1)

Baca Juga

Dok MI

Total Kasus Sembuh Covid-19 di Riau Capai 76

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 27 Mei 2020, 01:55 WIB
Ssaat ini Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad, Riau telah menerima 5.458 spesimen swab. Selain itu, alat PCR juga telah memeriksa...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Dua Hari Terakhir Nihil Tambahan Positif Korona di DIY

👤Ardi Teristi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 01:55 WIB
Secara keseluruhan, hasil tes PCR sudah menyatakan 226 orang positif, dengan rincian 95 masih dirawat, 132 orang sudah sembuh, dan 8...
DOK MI

Kasus Sembuh Korona di Sragen Bertambah

👤Widjajadi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 00:40 WIB
Delapan pasien yang sembuh dari sergapan positif korona itu langsung diperbolehkan pulang dari tempat perawatan di  RSUD dr Soehadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya