Rabu 20 Mei 2020, 04:30 WIB

Herd Immunity bukan Solusi Tepat

Aiw/Che/Hld/H-2 | Humaniora
Herd Immunity bukan Solusi Tepat

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Jusuf Kalla, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI).

 

KONSEP herd immunity atau kekebalan kelompok dalam menghadapi pandemi covid-19 dinilai bukan langkah tepat.

Hal itu ditegaskan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla dan dokter spesialis penyakit dalam konsultan alergi imunologi RSCM Sukamto Koesnoe dalam kesempatan terpisah, kemarin.

“Bisa saja ini dilakukan, cuma korbannya bakal banyak,” sebut Kalla dalam diskusi Segitiga Virus Corona, kemarin.

Kalla memberikan contoh penerapan herd immunity di Swedia yang akhirnya menjadi bumerang. Swedia tidak melakukan lockdown dan tingkat kematian di negara itu lima kali lipat angka di negara sekitar mereka akibat mencoba herd immunity.

Menurutnya, mengubah perilaku hidup bersih dan sehat seperti menggunakan masker dan rajin mencuci tangan masih solusi terbaik.

Sukamto menegaskan herd immunity tidak efektif jika belum ada vaksin yang terbukti efektif menimbulkan kekebalan atau mencegah orang terjangkit infeksi covid-19.

Kalau konsep yang dipakai ialah ‘dibiarkan’ kekebalan alami yang didapat dari alam, imbuhnya, kita sebenarnya sedang bertaruh. Kita berharap orang yang kuat tidak akan sakit karena kemampuan tubuh membentuk antibodi atau imunitas naik, dan akan muncul antibodi karena terinfeksi. “Sementara yang lemah akan ‘dibiarkan’ jatuh sakit. Padahal, kita juga belum punya bukti bahwa yang pernah sakit atau terinfeksi tidak akan pernah terinfeksi lagi,” paparnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak merekomendasikan konsep herd immunity dalam menghadapi pandemi covid-19 karena berbahaya.

Terkait dengan kabar rencana kembali berkantornya karyawan BUMN pada 25 Mei 2020, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan itu bukan jadwal masuk kembali ke kantor. “Tanggal pasti akan kembali berkantornya mayoritas karyawan BUMN menunggu keputusan umum pemerintah terkait dengan pandemi covid-19,” ujar Erick. (Aiw/Che/Hld/H-2)

Baca Juga

Kemenkes/Alodokter/tim riset MI-NRC/Grafis: Seno

Tetap Waras Hadapi Pandemi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 27 Mei 2020, 04:30 WIB
BUDI merasa sangat ketakutan. Tubuhnya lemas tak bertenaga, keringat terus bercucuran, jantungnya...
AFP

Bryce Howard Lulus Kuliah setelah 21 Tahun

👤MI 🕔Rabu 27 Mei 2020, 04:05 WIB
AKTRIS Bryce Dallas Howard, 39, akhirnya resmi menjadi alumni dari New York University...
Dok. Instagram

Baim Wong Lebaran Pertama dengan Buah Hati

👤MI 🕔Rabu 27 Mei 2020, 03:45 WIB
MOMEN Lebaran tahun ini menjadi istimewa bagi aktor Baim Wong, 39, bersama istrinya, aktris Paula Verhoeven, dengan hadirnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya