Selasa 19 Mei 2020, 15:25 WIB

Asuransi Syariah Bidik Generasi Milenial

Eni Kartinah | Ekonomi
Asuransi Syariah Bidik Generasi Milenial

ANTARA/OLHA MULALINDA
Staf Khusus Presiden Gugus Muda Putri Tanjung memberikan motivasi pada kegiatan Peran Pemuda Dalam Dunia Bisnis di Kota Sorong, Papua Barat.

 

PERAN generasi milenial saat ini memang tidak bisa dianggap enteng. Tidak pelak, mereka pun mulai menjadi sasaran berbagai industri, termasuk asuransi.

Di sisi lain, generasi milenial pun mulai memanfaatkan produk asuransi, termasuk yang berbasis syariah setelah mereka memahami pentingnya memiliki produk asuransi. Berdasarkan survei yang dilakukan Prudential Indonesia tercatat ada sebanyak 44 persen responden milenial sebagai pengguna produk asuransi syariah.

Baca juga: Enam Asuransi BUMN Bermasalah, Kejaksaan Harus Bertindak

"Kalangan milenial yang menggunakan asuransi syariah sebanyak 44 persen," kata Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo.

Ekonomi dan keuangan syariah telah mengalami perkembangan pesat dalam dua dekade terakhir, baik secara global maupun nasional. Sebagai salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi ekonomi syariah yang luar biasa.

Salah satunya PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) yang melaporkan kinerja unit syariah yang sehat di sepanjang 2019, sekaligus menegaskan kembali kepemimpinannya di industri asuransi jiwa syariah melalui pendapatan kontribusi bruto sebesar Rp3,7 triliun, tertinggi di industri.

1 Unit syariah Prudential Indonesia juga mampu mempertahankan total aset yang stabil sebesar Rp9,1 triliun. Selain itu, Dana Tabarru tercatat meningkat dari Rp770M di 2018 menjadi Rp887M di 2019, dengan pertumbuhan mencapai 15%.

Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia mengatakan Indonesia berpotensi untuk menjadi pemimpin ekonomi syariah global. "Dengan jumlah populasi Muslim yang merupakan salah satu terbesar di dunia dan didukung oleh kesamaan beberapa nilai syariah dengan nilai kehidupan budaya orang Indonesia."

Sementara itu, Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia menambahkan prinsip asuransi syariah, di antaranya tolong menolong dan saling berderma untuk saling berbagi dan menanggung risiko sebagai antisipasi bila terjadi musibah. "Hal itu relevan dengan ciri gotong royong khas masyarakat Indonesia, dan kami berharap, prinsip-prinsip tersebut dapat diterapkan untuk membantu mereka yang terdampak oleh pandemi covid-19."

Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Afdhal Aliasar mengungkapkan dengan jumlah populasi Muslim yang mencapai lebih dari 87%3, ekonomi berbasis syariah dapat membangun kesejahteraan masyarakat Indonesia.
"Sistem dan value dari ekonomi & keuangan syariah dan juga sangat memperhatikan ketahanan ekonomi dan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan terus mempromosikan pembagian risiko (risk sharing) dan integrasi antara keuangan komersial dan sosial, maka kehadiran ekonomi & keuangan syariah menjadi sesuatu yang sangat penting dalam memastikan ketahanan ekonomi dan inklusi, terutama di masa pandemi ini.” (A-1)

Baca Juga

MI/Reza Sunarya

Mentan SYL: Ketahanan Pangan Kunci Gerakkan Ekonomi

👤Reza Sunarya 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 21:25 WIB
SEKTOR pertanian menjadi solusi nyata terhadap dampak yang diakibatkan pandemi covid 19, terutama dengan melemahnya ekonomi...
DOK KEMENTAN

Wagub: Siap Dukung Mentan Jadikan Jabar Penyangga Pangan Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 20:15 WIB
Wagub yang sering dipanggil Kang Uu mengatakan bahwa dalam meningkatkan ekonomi, masyarakat dapat melakukannya lewat pertanian. Karena itu...
DOK KEMENTAN

Komisi IV Dukung Perbaikan Irigasi Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 19:21 WIB
Dedi mengatakan, pemerintah saat ini sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp18,44 triliun untuk program padat karya yang diselenggarakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya