Selasa 19 Mei 2020, 13:15 WIB

Masyarakat Diimbau Tetap Hidup Sehat dan Bersih Pascapandemi

Mediaindonesia.com | Humaniora
Masyarakat Diimbau Tetap Hidup Sehat dan Bersih Pascapandemi

ANTARA/ARIF FIRMANSYAH
Anak-anak memanfaatkan fasilitas tempat cuci tangan atau wastafel portabel. Pola hidup sehat dan bersih itu diharapkan terus dipertahankan.

 

PANDEMI covid-19 di Indonesia diprediksi akan mencapai puncaknya pada Juni mendatang. Meski begitu masyarakat diiimbau untuk tetap mempertahankan  perilaku hidup bersih dan yang sudah mereka jalani pada masa new normal nanti.

Masyarakat juga diminta tidak lengah dan dapat terus menjaga kebersihan diri ketika wabah mereda dan kembali melakukan rutinitas di luar rumah. Itu sebabnya Combiphar menekankan pentingnya disiplin dalam menerapkan perilaku hidup bersih sehat sebagai #newnormal, melalui kegiatan virtual media briefing, Combiphar Health Desk, yang diselenggarakan Selasa (19/5).

Baca juga: Jakarta Diprediksi Masih Physical Distancing Pascapandemi

hari ini dengan narasumber Weitarsa Hendarto - Senior Vice President Marketing & International Operations Combiphar dan dr. Sandi Perutama Gani - Medical Expert Combiphar. Sebelumnya, Combiphar telah giat mengajak generasi muda menerapkan pola hidup sehat dan aktif melalui Combi HOPE.

“Pandemi covid-19 telah menjadikan perilaku hidup bersih dan sehat dalam keseharian kita. Akan dilonggarkannya aturan PSBB oleh pemerintah dengan memperbolehkan masyarakat di bawah usia 45 tahun untuk kembali bekerja, menuntut masyarakat agar terus menerapkan kebiasaan baik yang sudah terbentuk. Disiplin menjaga kebersihan diri, mencakup menjaga kebersihan tangan agar tetap higienis perlu terus digaungkan untuk mencegah penyebaran kembalinya virus ini sebelum vaksin ditemukan," tegas Senior Vice President Marketing & International Operations Combiphar, Weitarsa Hendarto.

Sebuah survey disebutkan bawha sebanyak 73% responden khawatir akan kemungkinan kembalinya covid-19 saat kembali ke rutinitas kerja. Potensi penyebaran penyakit ini dapat terjadi lewat tangan, karena tanpa disadari sering bersentuhan dengan virus dan bakteri yang terdapat di permukaan benda.

“Ketika tangan terkontaminasi oleh bakteri dan virus, patogen ini dapat masuk ke dalam tubuh atau berpindah dari satu orang ke orang lain untuk menyebabkan penyakit. Selain covid-19, diare dan Infeksi Saluran Nafas Atas (ISPA), adalah dua penyakit utama yang dapat ditularkan melalui tangan," cetus Medical Expert Combiphar, dr Sandi Perutama Gani.

“Menjaga kebersihan tangan adalah salah satu langkah yang paling penting dan harus kita terapkan dalam perilaku hidup bersih sehat. Hal ini untuk menghindari diri terjangkit penyakit dan menyebarkannya kepada orang lain, tidak hanya ketika pandemi berakhir namun untuk seterusnya. Apalagi ketika kita tidak bisa menghindar dari menyentuh benda-benda di sekitar," tambahnya.

Untuk mendukung gaya hidup sehat dan tetap higienis, Combiphar memperkenalkan produk hand-sanitizer perdananya RusGone pada  Juli mendatang. RusGone mengandung alkohol 70% yang efektif membunuh bakteri serta diperkaya dengan aroma lavender dan lidah buaya untuk efek melembabkan. Saat ini produksi diprioritaskan untuk didonasikan kepada beberapa pihak sejumlah lebih dari 8000 botol.

“Combiphar senantiasa memprioritaskan masalah kesehatan dan tidak bosan-bosannya mengajak masyarakat untuk melakukan hal yang sama. Saat ini adalah saat yang tepat bagi semua pihak untuk melakukan hal sederhana namun penting untuk keselamatan orang banyak, yaitu dengan mendisiplikan diri menerapkan perilaku hidup bersih sehat,” tutup Weitarsa. (RO/A-1)

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Hadapi Pandemi, Beli dari Petani Lokal

👤MI 🕔Kamis 04 Juni 2020, 00:35 WIB
COVID-19 membuka tabir yang selama ini hanya remang. Isu kedaulatan dan ketahanan...
MI/Pius Erlangga

Jaga Kualitas Belajar Siswa, Sekolah Bisa Terapkan Matrikulasi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 04 Juni 2020, 00:12 WIB
"Berapa lama matrikulasi akan dilakukan di setiap sekolah, diserahkan sepenuhnya kepada dinas pendidikan dan satuan pendidikan,"...
Dok Pribadi

Dicky Senda Merawat dan Merevitalisasi Tradisi

👤Bagus Pradana 🕔Kamis 04 Juni 2020, 00:10 WIB
KEINDAHAN alam di wilayah Gunung Mutis, gunung tertinggi di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur, begitu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya