Selasa 19 Mei 2020, 17:32 WIB

BPS: Partisipasi Sensus Penduduk Daring Baru 16,63%

Hilda Julaika | Humaniora
BPS: Partisipasi Sensus Penduduk Daring Baru 16,63%

Antara/M Risyal Hidayat
Petugas mengamati pergerakan sensus penduduk daring di ruang kendali BPS.

 

BADAN Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan partisipasi sensus penduduk 2020 baru mencapai 16,63% atau 44,83 juta orang per 19 Mei.

Sensus secara daring sudah berlangsung sejak 15 Februari lalu. “Hingga hari ini, capaian partisipasi penduduk cukup mengembirakan, yakni sebanyak 44,83 juta orang atau 16,63% dari populasi Indonesia,” ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Hukum BPS, Endang Retno Sri Subiyandani, dalam konferensi pers virtual, Selasa (19/5).

Baca juga: Ini Cara Isi Kuesioner Sensus Penduduk Daring 2020

Sebagai informasi, BPS menyelenggarakan sensus penduduk pada tahun ini. Sensus penduduk tetap dilaksanakan meski Indonesia tengah dilanda wabah covid-19. Pada dasarnya, sensus dirancang dua tahap, yakni sensus penduduk daring dan sensus penduduk wawancara.

Namun, akibat pandemi covid-19 dan kebijakan refocusing anggaran, BPS melakukan penyesuaian. “Sensus penduduk online awalnya dijadwalkan dari 15 Februari hingga 31 Mei. Lalu disesuaikan dari 15 Februari menjadi hingga 29 Mei,” jelas Endang.

“Hal ini mengalami perpanjangan 59 hari. Penduduk dapat berpartisipasi lewat laman sensus.bps.go.di dengan menyiapkan nomor KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK) untuk melakukan pengisian,” imbuhnya.

Baca juga: 23% Penduduk Target Sensus Daring

Untuk tahapan sensus penduduk wawancara yang semula dijadwalkan Juli berubah menjadi September. Selanjutnya dari sisi mekanisme pelaksanaan, kata dia, dilaksanakan tanpa wawancara.

“Mekanisme penyesuaian ini akan disampaikan kemudian. Yang perlu digarisbawahi, langkah penyesuain dipilih BPS karena mengutamakan kesehatan dan keselamatan penduduk. Serta kesehatan petugas pada masa pandemi,” terang Endang.

Pihaknya mengimbau masyarakat Indonesia untuk segera mengisi sensus penduduk. Mengingat, masih ada waktu 10 hari hingga batas 29 Mei mendatang.(OL-11)

 

 

Baca Juga

MI/PIUS ERLANGGA

2.562 Pasien Sembuh dari Covid-19 di Wisma Atlet

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 11:17 WIB
Sejak 23 Maret hingga hari ini ada 4.227 pasien yang terdaftar menjalani perawatan penyakit menular...
AFP

WHO Lanjutkan Penggunaan Hirdroksiklorokuin untuk Obat Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 09:50 WIB
"Profil keamanan HCQ sudah lama diketahui, namun sebelum dilakukan randomisasi secara elektronik untuk menentukan obat mana yang akan...
MI/Ardi Teristi Hardi

Mulai 15 Juni, UGM Longgarkan Pembatasan Maksimal di Kampus

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 08:52 WIB
Rektor UGM Panut Mulyono menyampaikan, untuk menuju tatanan kenormalan baru, pelonggaran pembatasan maksimal kegiatan di kampus UGM akan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya