Selasa 19 Mei 2020, 17:31 WIB

Polri Gelontorkan Rp24 Miliar Bantu Sopir Selama Pandemi Covid-19

Tri Subarkah | Megapolitan
Polri Gelontorkan Rp24 Miliar Bantu Sopir Selama Pandemi Covid-19

ANTARA
Siopir Angkutan Umum.

 

KEPOLISIAN Republik Indonesia melalui Korps Lalu Lintasnya telah memberikan bantuan terhadap puluhan ribu sopir yang pekerjannya terdampak signifikan akibat Covid-19. Bantuan tersebut menjadi bagian Program Keselamatan Tahun 2020.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Hari Purnomo menyebut di wilayah hukumnya, Polri telah menggelontorkan Rp24,159 miliar dalam bentuk pelatihan dan bantuan sosial. Angka tersebut merupakan bantuan tahap pertama.

Baca juga: Baznas Bazis DKI Terima Bantuan 3.000 Karton Minuman Serbuk 

"Masing-masing pengemudi itu mendapatkan Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan. Untuk DKI Jakarta dan sekitaranya, totalnya 40.265 pengemudi," ungkap Hari dalam diskusi daring yang diselenggarakan Dewan Transportasi Kota Jakarta, Selasa (19/5).

Untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya sendiri, bantuan selama tiga tahap tersebut dianggarkan mencapai Rp72,5 miliar. Tahap pertama program tersebut dilaksanakan sejak 15 April dan berakhir pada 15 Mei kemarin. Sementara itu, tahap kedua dimulai sejak 16 Mei sampai 15 Juni. Sedangkan tahap ketiga akan dilaksanakan pada 16 Juni hingga 15 Juli.

Hari memaparkan bahwa sopir-sopir yang menjadi sasaran pihaknya antara lain sopir taksi, bus, kernet, truk, angkot, ojek pangkalan, becak, travel, bajaj, dan bemo. Mereka diwajibkan untuk mengikuti pelatihan dengan materi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, safety driving, etiket pelayanan, serta percakapan dasar Bahasa Inggris.

"Setelah selesai melaksanakan kegiatan pelatihan, mereka kita berikan bansos berupa buku tabungan BRI dan kartu ATM yang isinya senilai Rp600 ribu," ujar Hari.

Bantuan yang diberikan Polri kepada para sopir angkutan umum yang terkena dampak selama pandemi Covid-19 merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo. Untuk seluruh wilayah Indonesia sendiri, target jumlah sopir yang akan mendapatkan bantuan tersebut berjumlah 197 ribu orang dengan total anggaran Rp365 miliar. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Separuh PNS DKI Jakarta Akan Kembali Masuk Kantor

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 05 Juni 2020, 17:50 WIB
Selama PSBB transisi PND di DKI ASN bekerja ada yang bekerja di kantor atau work from office (WFO) dan sebagian lainya ada yang work from...
MI/Pius Erlangga

Dianggap Efektif, Ombudsman Minta SIKM Tetap Ada Selama Transisi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 05 Juni 2020, 17:10 WIB
Kepala Ombudsman Perwakilan Jakarta Teguh P Nugroho berpendapat selama masa transisi PSBB, kebijakan soal Surat Izin Keluar Masuk (SIKM)...
Ant/Dhemas Reviyanto

72 Pendatang Tanpa SIKM DKI Dikarantina di GOR Pulogadung

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 05 Juni 2020, 16:35 WIB
SEBANYAK 72 orang pendatang tanpa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta terjaring di check point perbatasan wilayah Ibu Kota. Mereka...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya