Selasa 19 Mei 2020, 17:03 WIB

Jelang Lebaran, Penyaluran Bansos Tunai Dikebut

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Jelang Lebaran, Penyaluran Bansos Tunai Dikebut

Antara/Asep Fathulrahman
Petugas memotret warga penerima bansos tunai di Kantor Pos Serang, Banten.

 

PEMERINTAH mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) tunai untuk masyarakat jelang Hari Raya Idul Fitri.

Menteri Sosial, Juliari Batubara, menargetkan hingga H-1 Idul Fitri, bansos tunai sebesar Rp 600 ribu per kepala keluarga (KK), akan menjangkau 8,36 juta KK dari target 9 juta KK.

"Target penyaluran sampai Sabtu mendatang atau satu hari sebelum Lebaran totalnya 8,36 juta KK. Kemarin penyaluran sudah 3,73 juta KK yang menerima bansos tunai tahap pertama. Jadi 45% sudah menerima. Sisanya kita kebut sampai Sabtu," ungkap Juliari seusai rapat terbatas kabinet, Selasa (19/5).

Baca juga: Mensos Klaim Tidak Ada Lagi Perbedaan Data Terkait Bansos

Penyaluran bansos tunai sepenuhnya menggunakan jasa PT Pos Indonesia. Sebagian penyaluran melalui rekening Himpunan Bank Negara (Himbara) sudah rampung. Untuk mencapai target penyaluran jelang Lebaran, PT Pos Indonesia diminta menyalurkan rata-rata 800 ribu KK per hari.

Juliari mengklaim PT Pos Indonesia sudah menyanggupi penugasan tersebut. Caranya, dengan membuka loket tambahan di sejumlah kantor pos, menambah jam buka kantor pos hingga pukul 22.00 WIB, penyaluran di kantor kelurahan/desa, dan pembukaan outlet.

Baca juga: Jokowi Minta Prosedur Distribusi Bansos Disederhanakan

"Pesan dari Presiden cepat, tepat dan akuntabel. Itu tiga syarat walau tidak mudah, terutama sisi akuntabel. Tapi karena ini uang negara yang memang harus dipertanggungjawabkan," pungkasnya.

Bansos tunai disalurkan kepada warga miskin dan rentan miskin yang terdampak pandemi untuk luar wilayah Jabodetabek. Target penerima bansos tunai sebanyak 9 juta KK. Mereka ialah keluarga penerima manfaat di luar Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako. Bantuan senilai Rp 600 ribu per KK diberikan selama tiga bulan.(OL-11)

 

 

Baca Juga

MI/BARRY FATHAHILLAH

Kemenkes Sebut Kasus DBD Melandai

👤Atalya Puspa 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:57 WIB
Meskipun kini kasus DBD terkendali, Kemenkes tetap mendorong masyarakat agar melakukan pemberantasan sarang...
DOK MI

Pasien Covid-19 di RSD Galang Sebanyak 36 Orang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 01 Juni 2020, 07:55 WIB
Sejak 12 April hingga hari ini ada 135 pasien yang terdaftar di rumah sakit tersebut. Sebanyak 98 orang dinyatakan sembuh Covid-19 atau...
AFP/Jason

Andalkan Kecerdasan Buatan Microsoft Hentikan Jurnalis

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 23:37 WIB
PHK adalah bagian dari dorongan yang lebih besar oleh Microsoft untuk mengandalkan kecerdasan buatan untuk mengambil berita dan konten yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya