Selasa 19 Mei 2020, 16:48 WIB

JK: Lawan Pandemi dengan Segitiga Covid-19

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
JK: Lawan Pandemi dengan Segitiga Covid-19

Antara/Galih Pradipta
Jusuf Kalla menyaksikan penyemprotan cairan disinfektan di Masjid Nurul Hidayah, Jakarta.

 

PANDEMI covid-19 masih terus berlangsung. Kasus positif covid-19 di Tanah Air pun terus bertambah setiap hari.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla, mengatakan ada tiga langkah bernama segitiga covid-19, yang perlu dilakukan pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi pandemi.

Pertama, pencegahan dengan berupaya menghindari penularan virus. “Instruksi tinggal di rumah itu berarti kita menghindari. Jadi, tinggal di rumah bukan sembunyi tapi menghindari, karena virus ini ada di mana-mana,” tegas JK, sapaan akrabnya, dalam diskusi virtual, Selasa (19/5).

“Karena itu, sejak awal kami di PMI mengatakan ini yang pertama perlu pakai masker, kemudian menjaga jarak dan cuci tangan,” imbuh mantan Wakil Presiden RI.

Baca juga: Menteri Agama Minta Masyarakat Salat Id di Rumah

Upaya kedua, lanjut dia, melawan atau mematikan virus korona. PMI dikatakannya telah melakukan upaya tersebut dengan mengerahkan sekitar 600 kendaraan untuk menyemprot disinfektan  di berbagai daerah.

Adapun yang ketiga ialah pengobatan. JK menekankan itu perlu dilakukan jika dua upaya sebelumnya tidak efektif. Menurutnya, ketiga langkah harus dijalankan secara bersamaan.

“Saya kira ketiga ini kan terikat bersamaan baru bisa berdampak. Kalau menghindar saja, tapi kemudian tidak ada yang mematikan virusnya, atau tidak ada unsur pengobatannya, itu tidak akan efektif,” pungkasnya.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Ilustrasi

Pasien Covid-19 Sembuh di Indonesia Cenderung Meningkat

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:50 WIB
Pasien sembuh dari covid-19 cenderung semakin mengalami peningkatan, hari ini tercatat, ada penambahan 551 orang, sehingga totalnya menjadi...
Mi/Ramdani

Pandemi Covid-19 Jadi Pelajaran untuk Jaga Keseimbangan Alam

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:02 WIB
"Kansentrasi N02 secara global menurun hamplr 30%, stasiun pemantauan kualitas udara KLHK mencatat penurunan konsentrasi PM 2,5 yang...
Antara

LSI Paparkan 6 Rekomendasi Menuju New Normal

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 05 Juni 2020, 20:25 WIB
Pertama, meskipun PSBB dilonggarkan tetapi lokus atau wilayah dipersempit. Semula PSBB yang diterapkan di seluruh daerah diturunkan hingga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya