Selasa 19 Mei 2020, 14:30 WIB

Presiden Dinilai Kedepankan Kualitas Calon Dubes

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Presiden Dinilai Kedepankan Kualitas Calon Dubes

Dok MI
Ilustrasi

 

ANGGOTA Dewan Kehormatan Partai Hanura Gerry Hukubun mengapresiasi nama-nama calon duta besar pilihan Presiden Joko Widodo yang sudah diserahkan ke DPR. 

Dia memuji kapasitas para calon yang dipilih Presiden Jokowi.

“Pak Jokowi sudah sangat bijak melihat potensi calon duta besar yang disodorkannya. Dan tidak selamanya semua calon duta besar yang diusulkan Pak Jokowi adalah pendukung beliau,” tegas Gerry, Selasa (19/5). 

Penyataan Gerry disampaikan guna menanggapi kritikan Ketua DPP PKS PKS Mardhani Alisera kepada Jokowi yang seakan-akan membagi-bagi “kue” kemenangan melalui pembagian pos duta besar.

Menurutnya, jika ada pemikiran seperti itu, berarti orang tersebut tidak paham peran duta besar di luar negeri. Padahal, dengan perkembangan global saat ini, negara sangat membutuhkan para duta besar yang mempunyai kemampuan di bidang marketing komunikasi. Pasalnya, mereka akan menjadi duta investasi.

“Hanya karena pejabat karier, tidak menjamin orang tersebut mempunyai kemampuan manejerial dan marketing menjemput bola yang lebih baik dari orang-orang di luar pejabat karier,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, perlu diketahui bahwa jabatan duta besar bukan hanya jabatan karier, tapi juga politik. 

Ia lantas mencontohkan Tantowi Yahya yang sebelumnya adalah tim sukses Pabowo-Hatta pada Pilpres 2014. Tantowi cukup kritis sewaktu menjadi salah satu juru bicara pasangan Prabowo-Hatta. Namun, Jokowi memilih yang bersangkutan menjadi duta besar untuk Selandia Baru, Tonga dan Samoa karena potensi seorang Tantowi.

“Terbukti bahwa Pak Jokowi tidak membagi-bagi “kue” untuk pendukungannya melainkan ke orang-orang yang dianggap pantas dan layak,” jelasnya

Pilihan Presiden terbukti jitu karena kinerja Tantowi Yahya sebagai duta besar sangat baik.

“Inilah kejelian Pak Jokowi dalam melihat potensi seseorang yang dijadikan duta besar,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menanggapi nama-nama calon duta besar yang dipilih Jokowi.

Anggota Komisi II DPR itu menegaskan, posisi duta besar lebih tepat diisi oleh pejabat karier daripada diisi dengan niat balas jasa.

Dalam kesempatan ini, Gerry juga mengapresiasi penunjukan kader Hanura Hildi Hamid sebagai calon duta besar yang disodorkan Jokowi ke DPR. Diketahui, Hildi Hamid merupakan calon Dubes Indonesia untuk Azerbaijan. (OL-8).

Baca Juga

MI/ADAM DWI

Satgas Lawan Covid-19 DPR Tinjau Posko Masak Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 20:55 WIB
Satgas Lawan Covid-19 DPR RI beserta rombongan juga berkesempatan makan siang di Posko Masak, menunya pun sama dengan yang akan...
DOK DPR RI

Meutya: Kepemimpinan Penerapan New Normal Tetap di Tangan Sipil

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 19:25 WIB
Menurut Meutya Hafid, posisi TNI dalam hal penerapan tatanan normal baru hanyalah membantu pemerintah, khususnya pemerintah daerah dan...
Antara/Fransisco Carrolio Hutama Gani

Istana Tegaskan Terapkan New Normal Secara Hati-Hati

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 17:05 WIB
.Sebelum memasuki kenormalan baru, tahapan transisi dengan pembukaan sebagian aktivitas publik dan ekonomi diterapkan secara...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya