Selasa 19 Mei 2020, 15:07 WIB

Soal Kepastian Haji, Menag Undurkan Deadline Hingga Juni

Nur Azizah | Humaniora
Soal Kepastian Haji, Menag Undurkan Deadline Hingga Juni

Antara
Menteri Agama Fachrul Razi

 

MENTERI Agama Fachrul Razi mengungkapkan pemerintah Arab Saudi belum bisa memberikan kepastian perihal penyelenggaraan haji. Pemerintah pun tak bisa menunggu lama-lama lantaran juga dikejar waktu.

"Haji memang belum ada keputusan dari pemerintah Saudi Arabia. Tapi kita tidak bisa nunggu lama-lama, sehingga kami memberikan deadline 20 Mei, berarti besok," kata Fachrul di Jakarta, Selasa (19/5).

Baca juga: Kemenag Berharap Kepastian Saudi Soal Haji Sebelum Ramadan Kelar

Fachrul menyampaikan Presiden Joko Widodo telah menghubungi Raja Salman bin Abdul Aziz untuk meminta kepastian. "Beliau menyarankan kalau (deadline) mundur dulu sampai awal Juni siapa tahu ada perkembangan. Kami setuju, kami akan taat dengan itu," ujarnya.

Berdasarkan jadwal, kontingen pertama yang akan berangkat ke Tanah Suci Juni 2020. Ia pun berharap Pemerintah Arab Saudi segera memberikan kepastian agar pemerintah Indonesia bisa bersiap dengan berbagai skenario. Informasi mengenai kepastian penyelenggaran ibadah haji sangat penting.

Baca juga: Singapura Putuskan Tidak Berangkatkan Jemaah Haji Tahun Ini

Sebab, keputusan juga berkaitan dengan persiapan kebijakan dan aturan penyelenggaraan.

Persiapan penyelenggaran ibadah Haji 1441 Hijriah yang dilakukan Kemenag tak terhenti. Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahap II masih dibuka dan akan berakhir pada 20 Mei mendatang.

Baca juga: Kemenag: 2.404 Jemaah Haji Lunasi Pembayaran Tahap 2

Persiapan layanan di Saudi juga sudah dilakukan Kemenag. Namun, kontrak belum diteken karena terkendala Surat Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi Nomor 410711030 tanggal 11 Rajab 1441H (6 Maret 2020). Surat itu menjelaskan penyelesaian kewajiban ditunda hingga jelasnya masalah virus korona atau covid-19.

 

Baca Juga

MI/Wibowo Sangakala

Wujudkan Padat Karya Penanaman Mangrove untuk Bantu PEN

👤Gan/S2-25 🕔Jumat 27 November 2020, 03:40 WIB
Kegiatan PKM yang dimulai sejak September lalu ini digencarkan ke 34...
Antara/Asprilla Dwi Adha

Inovasi Swab Test Chamber UI Raih Penghargaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 November 2020, 03:18 WIB
Bilik Swab Test Covid-19 ini merupakan salah satu produk inovasi karya civitas akademika multidisiplin ilmu dari Universitas Indonesia...
Antara/Irwansyah Putra

Pilkada Momentum Untuk Mencapai Komitmen IklimĀ 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 27 November 2020, 03:12 WIB
Jka berhasil melindungi hutan alam dan ekosistem gambut yang sangat luas di daerahnya, Kepala Daerah terpilih dapat mengakses berbagai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya