Selasa 19 Mei 2020, 15:00 WIB

Peneliti Sarankan Sepeda Listrik Sebagai Transportasi New Normal

Bagus Pradana | Weekend
Peneliti Sarankan Sepeda Listrik Sebagai Transportasi New Normal

Unsplash/ Tower Electric Bikes
Sebuah lembaga penelitian di Inggris menyarankan sepeda listrik sebagai moda transportasi pasca lockdown.

SUDAH lama, sepeda disebut sebagai moda transportasi paling ramah lingkungan. Tidak sulit dimengerti karena, baik sepeda manual dan sepeda listrik, jelas tidak menghasilkan gas buang (emisi). Kini, di masa wabah, sepeda juga dinilai sebagai moda transpotasi paling aman.

Penelitian yang dilakukan oleh Centre for Research into Energy Demand Solutions (Creds), yang berbasis di Oxford menunjukkan sebuah tawaran solusi untuk orang kembali bekerja di luar rumah di masa pasca lockdown. Banyak pihak menyebut kehidupan pasca lockdown namun tetap dalam bayang pandemi, disebut juga sebagai "new normal". 

Creds menyatakan bahwa sepeda listrik bisa sangat efektif untuk mengoptimalkan rehabilitasi sosial dan ekonomi pasca covid-19, terutama di daerah terpencil. 

"Pemerintah (Inggris) perlu menyusun rencana investasi besar sekarang, karena yang kita butuhkan sekarang adalah menemukan mekanisme untuk menjamin mobilisasi orang banyak secara aman dan ramah lingkungan, agar ekonomi dapat kembali bergeliat," tegas ungkap Profesor Nick Eyre dari Creds, seperti dikutip dari bbc.com (18/5).

Namun tawaran ini memiliki beberapa limitasi yang juga masih perlu dikaji, salah satunya adalah risiko pencurian sepeda dan penyediaan infrastruktur sepeda yang memerlukan biaya pembangunan tak sedikit. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah budaya bersepeda.

“Kami tahu bersepeda tergantung pada budaya. Ada jauh lebih banyak orang yang bersepeda di sini, di Oxford daripada di Leeds. Ini sebagian karena Leeds lebih besar dan berbukit," papar Profesor Nick Eyre.

Beberapa pengamat tata kota percaya bahwa Inggris pasca lockdown sedang berada di ambang revolusi transportasi perkotaannya. Pemerintah Inggris saat ini juga sedang gencar melakukan kajian tentang potensi penggunaan skuter maupun sepeda listrik di jalan-jalan Inggris.

Jika Inggris sepakat untuk membangun infrastruktur sepeda listrik sama seperti di banyak negara di Eropa lain, maka dapat dipastikan negara tersebut akan mampu mengurangi kemacetan, meningkatkan mobilitas penduduknya kembali, dan menghemat energi. (M-1) 

Baca Juga

123RF

Terdampak Pandemi, Gajah-Gajah pun Ikutan Deurbanisasi

👤Abdillah Marzuqi 🕔Selasa 26 Mei 2020, 23:44 WIB
Porsi makan gajah dewasa di tempat wisata bisa mencapai 300 kilogram per...
MI/RAMDANI

Cara Mengatasi Kecemasan Menyongsong Kehidupan Normal Baru

👤Fetry wuryasti 🕔Selasa 26 Mei 2020, 18:35 WIB
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menerima kenyataan pandemi dan hal yang mungkin...
 unsplash/Krzysztof Niewolny

Ini Trik Rahasia Agar Tanaman Cepat Berbunga

👤Faturrhozak 🕔Selasa 26 Mei 2020, 15:00 WIB
Ketika dihadapkan pada kekurangan serbuk sari, lebah akan merusak daun tanaman dengan memakannya agar tanaman berbunga lebih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya