Selasa 19 Mei 2020, 14:29 WIB

Mahfud MD Perintahkan Perketat Perbatasan dan Jalan Tikus

Henri Siagian | Politik dan Hukum
Mahfud MD Perintahkan Perketat Perbatasan dan Jalan Tikus

MI/Pius Erlangga
Menko Polhukam Mahfud MD

 

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD meminta jalur perbatasan dan jalan tikus dijaga ketat untuk mencegah arus warga menjelang Idulfitri 1441 H/ 2020.

Mahfud MD di Jakarta, Selasa (19/5), menyatakan pemerintah masih menerapkan larangan mudik. Dia berharap masyarakat tidak berusaha mudik dan mengelabui aparat demi lolos dari pemeriksaan.

Baca juga: Salat di Rumah, Mahfud MD: Hindari Covid-19 Lebih Penting

Mahfud meminta jajaran kepolisian dan TNI untuk memastikan penegakan kebijakan larangan mudik ini. "Polri, TNI, Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) bersama pemerintah daerah dan dengan kelengkapannya seperti Satpol PP dan lain-lain yang mengawal aturan ini" ujar Mahfud.

Baca juga: Pemerintah Larang Salat Id di Luar Rumah

Dia mengatakan pemeriksaan yang lebih ketat juga akan diterapkan kepada kendaraan besar yang dicurigai dimanfaatkan warga untuk pulang kampung. Pemerintah juga akan menyiagakan aparat di titik dan waktu rawan pelanggaran mudik seperti jam tengah malam.

"Pemeriksaan di pintu-pintu keluar atau pintu masuk itu supaya dilakukan secara ketat dan di waktu-waktu yang biasa dianggap petugas acap lengah, misalnya di tengah malam. Biasanya orang menganggap petugas ngantuk, petugas tidak ada, lalu menerobos saja," ujarnya. (Ant/X-15)

Baca Juga

Ilustrasi

Pemerintahan Jokowi diminta Serius Lindungi Kebebasan Berpendapat

👤Putra Ananda 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:01 WIB
"Ini yang jadi catatan bagi PBHI bagaimana teror itu dianggap sebagai jalan pintas untuk menghentikan dialetika dan diskusi juga debat...
Ilustrasi

ICW Minta Kasus OTT Pegawai UNJ Ditindaklanjuti

👤Emir Chairullah 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:34 WIB
Menurut Peneliti Indonesia Corruption Watch ( ICW) Kurnia Ramadhana, update secara berkala tersebut merupakan bentuk akuntabilitas dan...
Dok. Sekretariat MPR

Solidaritas dan Kedermawanan Modal Wujudkan Keadilan Sosial

👤Retno Hemawati 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:14 WIB
KEDERMAWANAN dan solidaritas pada orang lain mampu menjadi modal sosial bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya