Selasa 19 Mei 2020, 13:48 WIB

680 Ribu Orang Lolos Program Kartu Prakerja

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
680 Ribu Orang Lolos Program Kartu Prakerja

Antara/Aditya Pradana
Warga mencari informasi pendaftaran program Kartu Prakerja.

 

HINGGA saat ini, sekitar 680 ribu orang sudah masuk dalam program Kartu Prakerja. Uang pelatihan juga telah disalurkan kepada seluruh peserta pelatihan.

Hal itu diungkapkan Direktur Ekskutif Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Purbasari. Dari total 680 ribu orang peserta, sekitar 300 ribu orang mendapatkan uang insentif pascapelatihan sebesar Rp 600 ribu.

Adapun uang insentif diberikan jika peserta setidaknya telah menuntaskan satu kali pelatihan. "Jadi 680 ribu itu sebanyak 530 ribu orang sudah membeli pelatihan. Dan dari angka itu yang sudah menyelesaikan satu pelatihan sekitar 350 ribu orang dan yang mendapat insentif pascapelatihan 300 ribu orang," jelas Denni, Selasa (19/5).

Baca juga: Pendaftar Keluhkan Akses Website Program Kartu Prakerja

Lebih lanjut, dia mengatakan peserta pelatihan disuguhi lebih dari 1.000 jenis pelatihan dari 228 lembaga. Kemudian, dipilih 8 platform mitra Kartu Prakerja. Itu merupakan cara terbaik agar peserta pelatihan tidak merasa didikte, serta mengambil pelatihan sesuai keinginan.

"Jenis pelatihan itu beragam, seperti menu prasmanan," tutur Denni.

Setidaknya jumlah pendaftar dalam situs prakerja.go.id tercatat 10,4 juta orang. Dari jumlah itu, manajemen pelaksana tidak bisa memilih siapa yang lolos menjadi peserta. Sebab, penyeleksian dilakukan mesin melalui verifikasi surat elektronik, nomor telepon selular dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Baca juga: Covid-19 Guncang Ekonomi, KSPI Khawatirkan PHK Massal

Itu pula kenapa ada pekerja terdampak covid-19, namun urung bergabung sebagai peserta pelatihan. "Jadi bukan kami yang memilih, tapi mesin. Yang belum keterima, sabar, ini dibuka sampai akhir November," imbuhnya.

Pendaftaran gelombang IV sempat tertunda lantaran keterbatasan pada manajemen pelaksana, untuk menyelesaikan back log rekening virtual peserta pelatihan. Hal itu menyebabkan pembukaan pendaftaran tertunda. Sebab, manajemen pelaksana harus menyelesaikan proses transfer ke tiap rekening peserta pelatihan.

Alasan lainnya ialah manajemen pelaksana tengah menunggu data dari Kementerian Ketenagakerjaan terkait pekerja yang terkena PHK dan dirumahkan. Sehingga, mereka bisa bergabung dan diprioritaskan mengikuti program Kartu Prakerja.(OL-11)

 

Baca Juga

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Airlangga: Respon Pasar Positif Setelah 9 Sektor Ekonomi Dibuka

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 10:20 WIB
Respons positif dari pasar terlihat dari nilai tukar rupiah yang terus menguat dan indeks harga saham gabungan yang naik mendekati...
DOK KEMENTAN

New Normal, Harapan Baru Masyarakat Tani Pasca Pandemi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 10:07 WIB
Bagi rumah tangga produsen atau petani, kebijakan ini tentu disambut gempita lantaran ada asa baru produk-produk pertanian mereka bisa...
Istimewa

IPB Ingatkan Stok Pangan Nasional Mulai Menipis

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 09:36 WIB
Ketersediaan pangan khususnya beras nasional pada  Juni 2020 mulai menipis, yakni hanya 1,5 juta ton. Dan titik kritis terjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya