Selasa 19 Mei 2020, 12:35 WIB

Tingkat Kematian Pasien Covid-19 Jakarta Tertinggi No.4 Di Dunia

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Tingkat Kematian Pasien Covid-19 Jakarta Tertinggi No.4 Di Dunia

MI/Ramdani
Pemakaman jenazah covid-19 di TPU Pondok Ranggon Jakarta

 

Tingkat kematian pasien positif covid-19 di Jakarta cukup tinggi, yakni mencapai 8,06%. Data per 17 Mei jumlah kasus positif covid-19 di Jakarta mencapai 5.996 orang dengan jumlah warga yang meninggal mencapai 483 orang.

Persentase kematian ini menempati urutan keempat dunia. Di peringkat satu ada Prancis dengan persentase tingkat kematian sebanyak 15,69%, Inggris sebesar 14,12%, dan Italia sebesar 14,17%. Inggris ada di tempat kedua karena memiliki jumlah kasus paparan positif covid-19 lebih banyak dibandingkan Italia.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam diskusi daring Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) bertema 'Nasib Pengusaha Angkutan Umum dan Awak Angkutan Umum Pada Masa Pandemi Covid-19' hari ini.

"Jakarta menempati posisi ke-4 di dunia, 8,06%," kata Sayfrin, Selasa (19/5).

Syafrin menyebut ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan tingkat kematian ini berada di atas rata-rata tingkat kematian dunia, yakni 5%.

Baca juga: DKI akan Beri Hukuman Disiplin bagi ASN yang ke Luar Jabodetabek

"Kemungkinan pertama adalah tidak efektifnya rumah sakit dalam menangani pandemi yang bisa disebabkan karena beban jumlah pasien yang sangat banyak," ujarnya.

Kemungkinan kedua ialah tingkat kematiannya memang sangat tinggi menimbang faktor masih banyak masyarakat yang sudah terpapar, tapi tanpa gejala, sehingga tidak melakukan tes dan tidak terdeteksi.

"Tentu ada beberapa hal ke depan yang akan diperbaiki. Untuk jumlah RS (rumah sakit) rujukan sudah dtingkatkan. Otomatis ini dapat meningkatkan layanan pasien covid-19 di tiap RS," tutur Syafrin.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus mengawasi ketat pergerakan warga di 33 check point selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (OL-14)

Baca Juga

MI/Susanto

Pengelola Mal Bersiap Operasi Kembali

👤Ins/Ssr/J-1 🕔Minggu 31 Mei 2020, 05:44 WIB
Semua orang wajib menggunakan masker selama berada di area Grand Indonesia. Kami menerapkan physical distancing dengan memasang stiker...
DOK MI

Dinkes DKI: Positif Covid-19 di Jakarta Capai 7.153 Kasus

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 03:20 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah meningkatkan kapasitas pemeriksaan metode RT-PCR, dengan membangun Laboratorium Satelit Covid-19,...
Antara

Warga Taruh Arang Panas, Instalasi PGN Terbakar

👤Henri Siagian 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 21:17 WIB
Warga kemudian memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (apar). Pemilik rumah melaporkan kejadian ke Damkar Jakarta Timur pada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya