Selasa 19 Mei 2020, 11:23 WIB

Tak Kenakan Masker di Purbalingga, Dikarantina Semalam

Lilik Darmawan | Nusantara
Tak Kenakan Masker di Purbalingga, Dikarantina Semalam

MI/Lilik Darmawan
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (kedua dari kanan) bersama jajaran memberikan bantuan masker di Dusun Bawahan, Purbalingga, Jateng

 

PEMKAB Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) siap mengarantina warga di wilayah setempat yang tidak mengenakan masker di tempat umum. Ada dua tempat karantina yang telah disiapkan yakni di Gedung Korpri Purbalingga dan Bumi Perkemahan (Bumper) Munjulluhur. Penegasan itu disampaikan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat melakukan sidak di sejumlah pusat perbelanjaan di Purbalingga pada Senin (18/5) petang. 

"Pokoknya warga yang keluar rumah tidak mengenakan masker ataupun yang bergelang khusus berada di tempat keramaian, maka akan langsung masuk karantina. Tinggal memilih, mau karantina di Gedung Korpri atau di Buper Munjulluhur," tegasnya.

Bupati mengungkapkan ketegasan itu penting, karena sebagai upaya untuk menekan kasus Covid-19 di Purbalingga. 

"Kasus Covid-19 di Purbalingga sudah semakin meningkat, bahkan sampai sekarang sudah ada 51 kasus positif. Kalau tidak ada upaya menekan, maka angka bisa saja akan meningkat," ujar Bupati.

Dalam inspeksi tersebut, toko-toko dan pusat perbelanjaan ramai dikunjungi oleh masyarakat. Bupati kembali mengimbau kepada masyarakat agar menahan diri untuk keluar rumah. 

"Jika tidak ada urusan yang mendesak, tolong jangan keluar rumah. Jika memang terpaksa keluar, maka masker harus dikenakan. Sehingga upaya menekan angka kasus Covid-19 dapat dilaksanakan dengan baik. Tentu hal itu harus ada dukungan dari masyarakat," tegasnya.

baca juga: Pemda di Jateng akan Tutup Pasar yang Tak Ikut Protokol Kesehatan

Sebelumnya, pemkab telah mengeluarkan surat edaran (SE) Bupati Purbalingga terkait dengan protokol penanganan Covid-19 yang harus dilakukan oleh pusat perbelanjaan. Di antaranya adalah menolak pengunjung yang tidak mengenakan masker dan menjaga jarak antar pengunjung atau physical distancing. (OL-3)


 

Baca Juga

Istimewa

Empat Perwira Penerbad Korban Helikopter Jatuh

👤Akhmad Safuan 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 18:55 WIB
SEBUAH Helikopter M17 dengan nomor registrasi HA 5141 milik kesatuan Peberbangan Angkatan Darat (Penerbad) jatuh di dekat Kawasan Industeri...
dok pemprov jatim

Kinerja Polda Jatim Ungkap Narkoba di Tengah Pandemi Diapresiasi

👤RO/Micom 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 18:51 WIB
Banyaknya sabu yang disita dalam satu kasus ini menjadi rekor baru di jajaran Polda...
MI/John Lewar

Satu Makam PDP Covid-19 di Mabar Dibongkar, Jenazahnya Hilang

👤John Lewar 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 18:50 WIB
SATU kuburan jasad Pasien Dalam Pemantauan (PDP) di Mejerite, Desa Tanjung Boleng, berdekatan dengan Kampung Lancang, Kecamatan Komodo,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya