Selasa 19 Mei 2020, 08:51 WIB

​​​​​​​PDIP: Pelonggaran PSBB di DKI harus Hati-Hati

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
​​​​​​​PDIP: Pelonggaran PSBB di DKI harus Hati-Hati

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Kepadatan lalu lintas di Jalan Gatot Subroto menuju pancoran, Jakarta, Senin (18/5).

 

ANGGOTA DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan Gilbert Simanjutak meminta pemprov untuk berhati-hati dalam rencana pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Ia menceritakan kilas balik kasus flu Spanyol 1918 yang turun selama 2 minggu, lalu masyarakat tanpa kontrol atau PSBB ketat disertai euforia, susah untuk dibatasi kembali pergerakannya. 

Ternyata, jumlah kasus harian kembali ke puncak pertama selama 4 bulan kedepan. Lalu, timbul puncak kedua di bulan kelima lebih 3 kali besarnya dari yang pertama.

"Belajar dari kemungkinan timbulnya puncak baru yang lebih berat ditangani, sebaiknya pelonggaran PSBB setelah Mei, memberikan penurunan lebih lama jumlah kasus harian," jelas Gilbert dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (19/5).

Baca juga: Matangkan Opsi Pelonggaran PSBB

Selain itu, Gilbert juga menyebut, kebijakan pelonggaran PSBB berbasis data sangat penting. Data penderita adalah didominasi daerah perkotaan, kelompok menengah dan usia 50 tahun ke atas.

"Sebaiknya pelonggaran terbatas dimulai di kalangan bawah yang meliputi ekonomi informal dan pangan. Setelah berjalan 4 minggu tanpa penambahan kasus terkonfirmasi dengan RT PCR, maka ditambah dengan segmen lain," jelas Gilbert.

DKI juga harus mampu lakukan pemeriksaan Reverse transcription polymerase chain reaction (RT- PCR) untuk memeriksa kasus baru di DKI dan sekirnya.

Protokol Covid-19 untuk berbagai moda transportasi, ungkapnya, perlu disusun dan diawasi ketat. Pelajaran dari flu Spanyol tersebut, dibuthkan 4-5 bulan untuk berulangnya wabah yang lebih hebat.

"Dibutuhkan konsistensi dan partisipasi masyarakat secara sadar dan dewasa. Wabah adalah masalah teknis medis atau kesehatan, bukan masalah politik," pungkas Gilbert. (A-2)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Jumatan Perdana Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

👤Dhk/Put/Uta/Tri/Alw/MetroTV/X-10 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:15 WIB
Jemaah salat Jumat menjalankan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, mencuci tangan sebelum masuk masjid, dan menjaga jarak. Selain...
Antara/Indrianto Eko Suwarso

Pejalan Kaki dan Pesepeda Jadi Raja Jalanan Selama PSBB Transisi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 23:30 WIB
Dalam pasal 21 ayat 1 berbunyi 'Selama masa transisi untuk semua ruas jalan diutamakan bagi pejalan kaki dan pengguna transportasi...
MI/Ramdani

Anies Resmi Teken Keputusan Tentang PSBB Transisi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 22:42 WIB
Keputusan Gubernut No 563 tahun 2020 tentang Pemberlakuan, Tahapan, dan Pelaksanaan Kegiatan/Aktivitas PSBB Pada Masa Transisi Menuju...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya