Selasa 19 Mei 2020, 06:42 WIB

Moderna Laporkan Perkembangan Menjanjikan Tes Vaksin Covid-19

Basuki Eka Purnama, Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Moderna Laporkan Perkembangan Menjanjikan Tes Vaksin Covid-19

AFP/ANDREW CABALLERO-REYNOLDS
Peneliti di AS berusaha mencari vaksin untuk covid-19.

 

PERUSAHAAN bioteknologi Amerika Serikat (AS), Moderna, Senin (18/5), melaporkan hasil menjanjikan dari pengujian awal vaksin covid-19 yang dilakukan pada sejumlah relawan.

Perusahaan yang bermarkas di Cambridge, Massachusetts itu mengatakan kandidat vaksin covid-19, mRNA-1273, tampaknya berhasil memproduksi tanggapan imunitas pada delapan orang yang disuntikan vaksin itu sama dengan pasien yang telah pulih dari virus korona tersebut.

"Data fase 1 ini, meski masih dini, menunjukkan bahwa vaksin dengan mRNA-1273 menunjukkan tanggapan imunitas yang sama dengan yang dihasilkan dari infeksi alamiah," ujar Direktur Medis Moderna Tal Zaks.

Baca juga: Trump Sebut WHO Boneka Tiongkok

"Data ini membuktikan keyakinan kami bahwa mRNA-1273 memiliki potensi untuk mencegah penyakit covid-19. Hal itu juga meningkatkan kemampuan kami untuk memilih dosis yang tepat untuk uji coba berikutnya," imbuhnya.

Presiden AS Donald Trump menyambut kabar itu dengan mengatakan, "Itu luar biasa. Saya telah melihat hasilnya dan hasilnya luar biasa bagus. Saya sangat senang."

Moderna, yang didirikan sembilan tahun lalu, mengatakan vaksin itu secara umum aman dan bisa ditoleransi. Pasien hanya mengalami kulit kemerahan dan pegal-pegal pascadisuntik.

Pemerintah AS telah menginvestasikan setengah miliar dolar untuk pengembangan vaksin covid-19 oleh Moderna.

Vaksin itu dikembangkan Moderna bekerja sama dengan Institut Nasional Penyakit Alergi dan Menular yang dipimpin Anthony Fauci. (AFP/OL-1)

Baca Juga

MI/ Ramdani

Perawat Indonesia Wafat di Kuwait akibat Korona

👤Rudy Polycarpus 🕔Senin 25 Mei 2020, 23:00 WIB
"Kami menyampaikan duka cita mendalam atas kematian salah satu frontliners perawat Indonesia. Beliau juga aktif dalam...
AFP

Juli, Spanyol Izinkan Turis Asing Masuk

👤Ant 🕔Senin 25 Mei 2020, 20:01 WIB
Pemerintah  berencana mencabut aturan wajib karantina 14 hari bagi pendatang dari luar negeri dalam beberapa pekan ke...
INSTAGRAM/kbridsm

Berbagi Keceriaan Idulfitri untuk WNI di Tanzania

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 14:00 WIB
Duta Besar RI Dar es Salaam Prof. Dr. Ratlan Pardede berharap Idulfitri tahun ini tidak kehilangan makna karena keterbatasan yang ada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya