Senin 18 Mei 2020, 20:20 WIB

Gedung Graha Lansia Tetap Jadi Tempat Isolasi Warga Suspek Korona

Solmi | Nusantara
Gedung Graha Lansia Tetap Jadi Tempat Isolasi Warga Suspek Korona

MI/Suparji Rasban
GOR Tegal Selatan dijadikan tempat karantina bagi warga yang baru mudik dari area zona merah

 

Kendati ada keberatan sebagian warga, Pemerintah Kota Jambi bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tetap bersikukuh menggunakan Gedung Graha Lansia di kawasan Kelurahan Budiman, Talangbanjar, Kota Jambi. Gedung tersebut akan dijadikan sebagai tempat isolasi sementara puluhan pedagang yang terdeteksi reaktif usai pemeriksaan rapid test beberapa hari lalu.

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana menyebutkan pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi yang melibatkan unsur TNI-Polri, Dinkes, kecamatan, dan kelurahan serta pihak lain. Hasilnya tetap sama, gedung aset pemerintah tersebut akan dijadikan lokasi karantina korban suspek korona.

Maulana memaparkan covid-19 tersebut tidak akan menyebar ke pemukiman warga sebab penularan tidak terjadi melalui udara, melainkan dengan adanya kontak fisik. "Camat dan Lurah sudah kita minta berkoordinasi hingga ke level bawah, untuk memberikan pengertian. Bahwa sebenarnya virus ini tidak menyebar melalui udara," jelas Maulana, Senin (18/5).

Baca juga: Kesembuhan Pasien Covid-19 Papua Mencapai 110 Orang

Dari segi keamanan, imbuh Maulana, pihaknya telah melibatkan TNI-Polri dan memasang kamera CCTV, untuk mengawasai gerak-gerik pedagang yang nantinya akan diisolasi.

"Persiapan fasilitas dan perlengkapan sudah dipenuhi. Untuk program lansia sementara kita tiadakan," ungkap Maulana, yang juga Ketua Komda Lansia Kota Jambi.

Ketua Rt 16, Kelurahan Budiman, Yanti menyatakan penolakan warganya yang masih bergulir hingga Minggu malam itu dilatari ketakutan dari potensi penularan virus korona.

"Mereka takut tertular, apalagi tempat itu sudah ditempati. Belum lagi nanti akan mengganggu ekonomi mereka. Saya sebagai RT hanya melakukan pendampingan, keputusan tentu ada di masyarakat," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Satgas Covid-19 belum Tahu Penyebab Satu Keluarga Meninggal

👤Antara 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:23 WIB
Hasil pemeriksaan swab belum keluar, jadi belum dipastikan meninggalnya suami istri, anak dan janin di Surabaya  akibat...
ANTARA

Pemkot Medan Janjikan Bantuan ke Sekolah Swasta

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:05 WIB
Surat edaran Wali Kota Medan melarang pembebanan biaya pendaftaran maupun biaya pembangunan pada pelaksanaan penerimaan peserta didik baru...
DOK MI

Puncak Pandemi Covid-19 di Kalsel Diperkirakan Juli

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 04:30 WIB
Hingga Jumat (5/6) jumlah kasus positif virus korona di Kalsel mencapai 1.142...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya