Senin 18 Mei 2020, 17:33 WIB

12.829 Desa Sudah Terima BLT Dana Desa

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
12.829 Desa Sudah Terima BLT Dana Desa

Antara
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar

 

SEBANYAK 12.829 desa telah menerima bantuan langsung dana desa (BLT) untuk membantu masyarakat yang terdampak wabah virus korona.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar saat melaporkan perkembangan BLT dana desa.

"Data per hari ini, data terbaru BLT Desa yang sudah cair sebanyak 12.829 desa atau sekitar 24 persen, dari target 53.156 desa di seluruh daerah," kata Abdul saat telekonferensi, Senin (18/5).

Diketahui sebelum desa menerima BLT maka harus melakukan musyawarah desa khusus (musdesus) untuk menetapkan calon kepala penerima manfaat (KPM) BLT.

Hingga saat ini desa yang telah melakukan musdesus sebanyak 46.174 desa atau sekitar 87 persen.

Baca juga :Tiga Kabupaten di Aceh Terendam Banjir

"Adapun desa sudah melakukan musdesus khusus dan telah menetapkan calon KPM, namun belum menyalurkan BLT dana desa sebanyak 33.345 desa atau sekitar 63 persen," ujar Abdul.

Daerah yang desanya telah melakukan musdesus terbanyak yakni Provinsi Bangka Belitung dan Sulawesi Tenggara. Sementara daerah yang desanya melakaukan musdesus terendah yakni Provinsi Jawa Tengah.

Politisi PKB tersebut juga mengungkapkan bahwa provinsi dengan presentase penyaluran BLT dana desa pada hampir seluruh desa di wilayahnya yakni Provinsi Bangka Belitung, Bali, Kepulauan Riau, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah.

"Sementara Banten, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Aceh menjadi provinsi dengan presentase penyaluran BLT dana desa paling rendah," urainya. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Masyarakat Punya Andil Besar Putus Rantai Penyebaran Covid-19

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 25 Mei 2020, 22:15 WIB
“Masyarakat sangat memegang peran penting dan menjadi kunci keberhasilan dari upaya memutus penyebaran Covid-19 di Tanah...
Antara

Pemerintah Terbitkan Aturan New Normal untuk Perusahaan

👤Rudy Polycarpus 🕔Senin 25 Mei 2020, 22:04 WIB
Pemerintah menyebut dalam situasi pandemi korona, roda perekonomian harus tetap berjalan dengan mengedepankan langkah...
Ilustrasi

Tagar #BersiapMenujuNewNormal Warnai Jagat Maya Malam ini

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Mei 2020, 21:53 WIB
Tanda pagar #BersiapMenujuNewNormal pun mulai mengudara dijagat maya malam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya