Senin 18 Mei 2020, 16:28 WIB

Tiga Kabupaten di Aceh Terendam Banjir

Amiruddin AR | Nusantara
Tiga Kabupaten di Aceh Terendam Banjir

Antara
Ilustrasi, Sungai Kawsasan Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh.

 

SETELAH diguyur hujan terus menerus, tiga kabupaten di Provinsi Aceh terendam banjir. Akibatnya aktivitas perekonomian warga setempat terganggu.

Padahal warga di bumi berjulukan Serambi Mekkah itu sekarang sedang menjalankan ibadan puasa dan persapan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Pantauan Media Indonesia, Senin (18/5), Kawasan yang dilanda banjir karena hujan deras disusul luapan sungai itu adalah Kabupaten Nagan Raya, Aceh Jaya dan Kabupaten Aceh Timur. Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Jaya berada di kawasan barat Provinsi Aceh. Sedangkan Aceh Timur adalah berjauhan di kawasan timur tanah rencong itu.

Baca juga :521 Orang di Sumsel Dinyatakan Positif Terinfeksi Korona

Banjir di Nagan Raya, meliputi Desa Ujoeng Kreueng, Desa Neubok Yee PP danDesa Neubok Yee PK dan Desa Kabu, Kecamatan Tripa Makmur. Lalu Desa Langkak, Kecamatan Kuala Pesisir.

Banjir itu karena meluapnya sungai Lamie yang melintasi dua kecamatan setempat. Ketinggian air berkisar 30 cm hingga 50 cm. Banjir kiriman itujuga merendam puluhan rumah warga dan jalan menuju ibukota kecamatan.

Sedangkan Kabupaten Aceh Jaya, sedikitnya 8 desa di Kecamatan Darul Hikmah dan 2 desa Setia Bakti terndam. Ketingian air berkisar  20 Cm hingga 1 meter.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Jaya sedang mendata kerugian akibat banjir. Petugas Pusat dan Laporan BPB Aceh Jaya, Destian Yurisfan, mengatakan untuk membantu warga terdampak banjir, pesonel TNI/Polri, anggota Tagana, RAPI dan personel SAR Aceh Jaya, turun langsung ke lokasi.

Catatan mediaiIndonesia.com, banjir langganan di Kabupaten Aceh Jaya, merupakan arus sungai dari Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie. Setiap kali hujan deras mengguyur pengunungan kawasan dataran tinggi Tangse, tidak lama kemudian akan mengundang bsnjir di lokasi hilir Sungai Krueng Teunom kawan hilir Aceh Jaya.

Adapun banjir yang terjadi sejak Minggu (17/5) kemarin di Kabupaten Aceh Timur, tersebar di Kecamatan Peunaron, Indra Mamue, Alue Ie Mirah, Simpang Jernih, Rantau Peureulak dan Kecamatan Pante Bidari. Ketinggian air berkisar 50 hingga 1 meter.

Puluhan rumah warga juga ikut rendam. Guna menghindari genangan banjir,sebagian keluarga harus mengungsi ke rumah famili di lokasi lain. Ada juga yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi sekitar kawasan itu.

"Sebagian mereka menunpang di rumah keluarganya yang lebih aman" tutur Kepala Pelaksana, Badan Penanggulangan Provinsi Aceh. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Ramdani

Pengumuman Kelulusan dan Kenaikan Kelas di Sumenep Lewat WhatsApp

👤Mohammad Ghozi 🕔Senin 01 Juni 2020, 16:26 WIB
"Karena berada pada masa belajar di rumah, pengumuman kelulusan SD dan SMP akan disampaikan melalui pesan berantai maupun grup...
ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Sidoarjo akan Gunakan Mal Pelayanan Publik untuk Tempat Isolasi

👤Heri Susetyo 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:57 WIB
"Kita akan gunakan lantai atas MPP untuk tempat isolasi dan perawatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Syaf...
Ilustrasi

Pelaku Penyerangan Polsek, Diduga Simpatisan ISIS

👤Yona Hukmana 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:55 WIB
Pelaku penyerangan Polsek Daha Selatan, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (1/6), yang menewaskan satu anggota polisi itu, diduga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya