Senin 18 Mei 2020, 12:44 WIB

Awas! Izin RS Bakal Dicabut Jika Menjual Surat Bebas Covid-19

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Awas! Izin RS Bakal Dicabut Jika Menjual Surat Bebas Covid-19

Medcom.id
Ilustrasi Covid-19.

 

DINAS Kesehatan DKI Jakarta menyebut ada sanksi tegas kepada pihak rumah sakit apabila didapati menjual surat palsu keterangan kesehatan bebas virus korona baru atau Covid-19.

Belakangan, publik dikejutkan adanya jual beli daring surat keterangan bebas Covid-19 di platform jual-beli online Shopee. Surat itu dibanderol dengan harga Rp70 ribu.

Baca juga: Dinkes DKI Pastikan tak Keluarkan Surat Bebas Covid-19

"Ya, dipastikan ada (sanksinya) sesuai Permenkes. Dari mulai administratif sampai dengan pencabutan izin," ungkap Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Weningtyas, saat dihubungi, Jakarta, Senin (18/5).

Aturan soal pencabutan izin operasional rumah sakit tertuang dalam Permenkes 3 tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Weningtyas juga menuturkan, pihaknya terus mengawasi di rumah sakit- rumah sakit yang berada di lima wilayah di Jakarta agar peredaran surat keterangan bebas Covid-19 tidak ada.

"Sudin-sudin melakukan pengawasan, mungkin enggak langsung jalan ke setiap rumah sakit. Tapi, mereka punya grup yang sangat efektif di situ, bagaimana aturannya dan dikoordinasikan," jelas Weningtyas.

Ia menegaskan, apabila ada oknum yang didapati menjual surat palsu keterangan bebas Covid-19 harus dijerat hukum karena merupakan tindak pidana. Dinkes DKI sendiri memastikan tidak menjual belikan surat tersebut.

Sebelumnya, aparat kepolisian berhasil mengamankan pelaku jual beli daring surat keterangan bebas virus korona (covid-19). Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono mengatakan pelaku merupakan warga asal Bali dan telah ditangkap dan ditangani oleh Polda Bali.

"Setelah menerima informasi terkait jual beli surat keterangan bebas daring, kami langsung menyampaikan kepada Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Listyo Sigit Prabowo dan langsung melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku," ujar Gatot, Jumat (15/5). (OL-6)

Baca Juga

MI/Permana

PGRI : Pemerintah Perlu Susun Kurikulum Era Pandemi untuk Sekolah

👤Antara 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:35 WIB
Dia menambahkan kurikulum sekarang yang padat konten, sulit mendorong anak untuk belajar secara mandiri di...
Dok. JCUIM

Yayasan Jokowi Center Berdonasi ke Warga Terdampak Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:30 WIB
Adapun mekanisme pembagiannya melalui pendataan mandiri yang dibagikan langsung para Relawan Jokowi Center Peduli (JCP) di masing masing...
AFP

Mantan Rektor Yakin Virgin Coconut Oil Bisa Matikan Covid-19

👤Henri Siagian 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 21:53 WIB
Terkait manfaat VCO, guru besar Fakultas Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi (MIPA) Untan itu mengklaim sudah digunakan dalam pengobatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya