Senin 18 Mei 2020, 12:29 WIB

Presiden: PSBB belum Dilonggarkan!

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Presiden: PSBB belum Dilonggarkan!

Biro Pers Sekretariat Presiden/Lucas
Presiden Joko Widodo menyapa warga saat meninjau pembagian bansos di Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (18/5).

 

PRESIDEN Joko Widodo menyatakan pemerintah saat ini belum memutuskan melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Presiden menegaskan PSBB, hingga kini, masih berlaku dan pemerintah belum melonggarkannya.

"Saya ingin tegaskan bahwa belum ada kebijakan pelonggaran PSBB. Karena jangan muncul nanti keliru ditangkap masyarakat bahwa pemerintah sudah melonggarkan PSBB. Belum. Jadi belum ada kebijakan pelonggaran PSBB," tegas Jokowi saat memimpin rapat terbatas kabinet secara daring dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin (18/5).

Sepekan terakhir, ramai dibahas mengenai sejumlah skenario pembukaan aktivitas masyarakat secara bertahap yang tengah direncanakan pemerintah.

Baca juga: Realisasi Bansos Tahap Ketiga di DKI 961 Ribu Keluarga

Presiden Jokowi mengakui pemerintah memang menyiapkan skenario. Namun, skenario itu baru sebatas rencana dan belum diputuskan.

Presiden menyatakan pemerintah akan berhati-hati memutuskan ketika berkaitan dengan pelonggaran PSBB. Pertimbangan mengenai tren kasus covid-19 perlu dicermati secara matang sebelum pembatasan sosial dilonggarkan.

"Yang kita siapkan ini memang baru sebatas rencana atau skenario pelonggaran yang akan diputuskan setelah ada timing yang tepat serta melihat data-data dan fakta-fakta di lapangan biar semuanya jelas. Karena kita harus hati-hati jangan keliru memutuskan," jelas Jokowi.

Presiden menyampaikan pemerintah dalam dua minggu ke depan yakni menjelang Hari Raya Idul Fitri dan setelahnya akan akan fokus menangani persoalan mudik. Pemerintah juga bakal menyiapkan langkah-langkah mengendalikan arus balik.

"Dua minggu ke depan pemerintah masih fokus kepada larangan mudik dan mengendalikan arus balik. Oleh sebab itu, saya minta Kapolri dan dibantu Panglima TNI, agar larangan mudik berjalan efektif di lapangan," ujar Presiden. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pembukaan Rumah Ibadah Harus Jadi Contoh Penerapan New Normal

👤Anisa Putri Yuliani 🕔Rabu 03 Juni 2020, 05:55 WIB
Masing-masing komunitas agama perlu membuat semacam prosedur operasional standar (SOP) rumah ibadah dan protokol-protokol yang...
DOK KEMENTAN

Pandemi Korona Kinerja Sektor Pertanian Cemerlang

👤S1-25 🕔Rabu 03 Juni 2020, 05:54 WIB
Kementan melakukan upaya untuk menjamin ketersediaan bahan pangan dengan hadirnya Toko Mitra Tani di setiap provinsi. Kemudian menggandeng...
Medcom.id/Surya Perkasa

Izinkan Masjid Buka Pasca-PSBB

👤Che/Put/X-7 🕔Rabu 03 Juni 2020, 05:41 WIB
DMI saat ini telah menyiapkan sejumlah protokol kesehatan agar jemaah bisa aman ketika beribadah di masjid. Kita minta supaya jaga jarak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya