Senin 18 Mei 2020, 11:35 WIB

Basilika Santo Petrus Dibuka Kembali

Basuki Eka Purnama | Internasional
Basilika Santo Petrus Dibuka Kembali

AFP/Handout / VATICAN MEDIA
Basilika Santo Petrus

 

BASILIKA Santo Petrus, Senin (18/5), kembali membuka pintu untuk para pengujung, pertanda dimulainya proses kembali normal di Vatikan dan Italia pascapandemi covid-19.

Misa juga kembali digelar di negara yang mayoritas penduduknya menganut agama Katolik setelah tidak digelar selama dua pekan. Begitu juga dengan restoran, bar, kafe, toko, dan salon akan dibuka kembali.

Gereja-gereja di Roma ditutup sejak awal pandemi covid-19, awal Maret lalu. Beberapa kemudian dibuka lagi namun hanya untuk warga uang ingin berdoa.

Baca juga: Italia Catat Angka Kematian Terendah Sejak Lockdown

"Saya berbagi kegembiraan dengan komunitas yang kembali bisa mengikuti liturgi. Ini adalah tanda harapan bagi semua orang," ujar Paus Fransiskus dalam misa yang disiarkan langsung, Minggu (17/5).

Lockdown di Italia bukan hanya menghentikan semua kegiatan bisnis namun juga membuat seluruh warga tidak bisa melakukan kegiatan mereka, termasuk hadir di misa.

Selama ini, Paus Fransiskus menggelar misa dari kapel di kediamannya dan disiarkan langsung kepada umat.

Uskup asal Argentina itu kemungkinan belum akan memimpin misa di Basilika Santo Petrus atau pun di Alun-Alun Santo Petrus saat Vatikan berusaha menghindari perkumpulan massa. (AFP/OL-1)

Baca Juga

DOK MI

Ratusan Petugas Kesehatan di Nigeria Terinfeksi Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 04 Juni 2020, 01:20 WIB
Jumlah kasus covid-19 yang dikonfirmasi di negara ini telah mencapai 10.819. Dari jumlah tersebut, terdapat 314 kematian dan 3.240...
AFP

Kematian Akibat Covid-19 di Brasil 30.000 Orang

👤MI 🕔Kamis 04 Juni 2020, 01:15 WIB
JUMLAH kematian akibat covid-19 di Brasil pada Selasa (2/6) melampaui 30.000 orang. Angka yang dirilis Kementerian Kesehatan Brasil...
AFP

Inggris Buka Peluang Warga Hong Kong Pindah Warga Negara

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 04 Juni 2020, 01:10 WIB
"Banyak orang di Hong Kong takut dengan cara hidup mereka, yang dijanjikan Tiongkok untuk ditegakkan, berada di bawah ancaman,"...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya