Senin 18 Mei 2020, 08:07 WIB

India Perpanjang Lockdown Untuk Keempat Kalinya

Nur Aivanni | Internasional
India Perpanjang Lockdown Untuk Keempat Kalinya

AFP/Sajjad Hussain
Seorang polisi berjaga di luar stasiun kereta api yang mulai melayani penumpang

 

INDIA memperpanjang masa karantina wilayah atau lockdown selama dua minggu sebagai upaya mengekang penyebaran virus korona.

Otoritas tanggap bencana pemerintah setempat mengatakan akan mengeluarkan pedoman baru dengan tetap memperhatikan perlunya membuka kegiatan ekonomi.

India telah memberlakukan lockdown sejak 24 Maret. Sekolah-sekolah, transportasi umum dan sebagian besar bisnis telah ditutup sejak itu.

Dikutip dari BBC, India telah mencatat 2.896 kematian dan lebih dari 90.000 kasus dikonfirmasi karena virus korona dan 53.946 infeksi aktif.

Perpanjangan lockdown tersebut merupakan kali keempat yang dilakukan pemerintah federal. Media India menjuluki perpanjangan tersebut sebagai 'lockdown 4.0'.

Sebagian besar pembatasan masih tetap berlaku, yaitu penerbangan, kereta api, lembaga pendidikan, layanan metro, restoran, bar, bioskop dan kompleks perbelanjaan tetap ditutup.

Baca juga: Kereta di India Kembali Beroperasi

Untuk restoran, akan diizinkan menerima layanan take away. Sementara, kompleks olahraga dan stadion, kata Kementerian Dalam Negeri, bisa menjadi tuan rumah acara tanpa dihadiri penonton.

Pun untuk pertama kalinya sejak lockdown diumumkan, mobil pribadi dan bus sekarang bisa beroperasi di kota-kota besar termasuk melintasi perbatasan negara bagian jika memiliki izin.

Sebelumnya, kendaraan pribadi telah diizinkan, tetapi pengemudi tidak dianjurkan melakukan perjalanan jarak jauh. Untuk layanan penting, seperti rumah sakit, apotek dan toko bahan makanan, telah diizinkan beroperasi di seluruh negeri.

Hal itu bergantung pada masing-masing pejabat negara bagian untuk memutuskan apakah mereka ingin mengizinkan pelonggaran pembatasan atau melanjutkan dengan aturan sebelumnya. Tetapi, tidak ada perubahan bagi daerah yang memiliki jumlah kasus sangat tinggi.

Sebelumnya, pemerintah telah melonggarkan aturan untuk memungkinkan pertanian dan bisnis beroperasi kembali. Tetapi pelonggaran hanya diizinkan di zona oranye atau hijau, daerah yang tidak memiliki jumlah kasus covid-19 yang tinggi.

Pembatasan ketat tetap berlanjut di zona merah, yang dianggap sebagai hotspot dari wabah. Untuk diketahui, negara tersebut telah membagi wilayah ke dalam tiga zona kode warna.

Setidaknya ada lima negara bagian, yaitu Telangana, Maharashtra, Punjab, Tamil Nadu, dan Mizoram, yang telah memperpanjang lockdown hingga 31 Mei sebelum pengumuman dilakukan oleh pemerintah federal pada Minggu.(BBC/OL-5)

Baca Juga

AFP/Kirill Kudryavtsev

Hampir Setengah Juta Orang Terpapar Covid-19 di Rusia

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 02 Juni 2020, 18:34 WIB
Korban tewas meningkat 182 menjadi 5.037. Sementara itu, ada 186.985 orang telah pulih, termasuk 11.108 selama 24 jam terakhir, menurut...
AFP/MARTY MELVIL

Pekan Depan, Selandia Baru Akan Hapus Semua Pembatasan

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:50 WIB
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan bahwa semua pembatasan yang tersisa dalam upaya membatasi penyebaran virus covid-19...
AFP/OLIVIER DOULIERY

Ratusan Pengunjuk Rasa Ditahan Terkait Demonstrasi George Floyd

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:35 WIB
Aksi protes berlanjut di ibu kota Amerika Serikat untuk hari keempat, Senin (1/6), atas kematian George Floyd. Para demonstran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya