Senin 18 Mei 2020, 06:49 WIB

Jelang Idul Fitri, Mesir Perketat Aturan Lockdown

Basuki Eka Purnama | Internasional
Jelang Idul Fitri, Mesir Perketat Aturan Lockdown

AFP/Samer ABDALLAH
Umat muslim di Mesir melakukan Salat Tarawih dengan tetap memperhatikan social distancing di Masjid Al Azhar, Kairo.

 

MESIR, Minggu (17/5), mengumumkan perpanjangan masa jam malam dan aturan pembatasan lain untuk mencegah pertemuan besar-besaran selama perayaan Idul Fitri.

"Semua toko, mal, restoran, fasilitas hiburan, pantai, dan taman akan ditutup selama enam hari antara 24 Mei dan 29 Mei," ujar Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouli.

Transportasi publik akan dinonaktifkan dan jam malam akan diberlakukan mulai pukul 17.00 pada periode itu. Sebelumnya, selama bulan puasa, jam malam diberlakukan mulai pukul 21.00 hingga 06.00.

Baca juga: Abaikan Jaga Jarak, Pemerintah Filipina Ancam Tutup Mal

Di Mesir, Idul Fitri biasanya dirayakan dengan Salat Id pada pagi hari, silaturahmi ke keluarga dan sahabat, serta pesta di taman-taman kota.

Mesir, sejak akhir Maret lalu, telah melarang kegiatan keagamaan dan membekukan transportasi udara dalam upaya menekan angka penyebaran covic-19.

Kementerian Kesehatan Mesir melaporkan, hingga kini, telah ditemukan 11.719 kasus covid-19 dengan 612 kematian di negara itu.

Pada Minggu (17/5), institusi Islam kenamaan Mesir, Al Azhar, meminta warga muslim untuk melakukan Salat Id di rumah.

Madbouli mengungkapkan pengetatan lockdown akan dilonggarkan lagi sepekan setelah hari Idul Fitri dan jam malam akan dimulai pada pukul 20.00 mulai 30 Mei.

"Warga diharuskan mengenakan masker saat berada di luar rumah dan di keramaian," ujar Madbouli sembari menegaskan akan ada sanksi bagi yang melanggar. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Kirill Kudryavtsev

Hampir Setengah Juta Orang Terpapar Covid-19 di Rusia

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 02 Juni 2020, 18:34 WIB
Korban tewas meningkat 182 menjadi 5.037. Sementara itu, ada 186.985 orang telah pulih, termasuk 11.108 selama 24 jam terakhir, menurut...
AFP/MARTY MELVIL

Pekan Depan, Selandia Baru Akan Hapus Semua Pembatasan

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:50 WIB
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan bahwa semua pembatasan yang tersisa dalam upaya membatasi penyebaran virus covid-19...
AFP/OLIVIER DOULIERY

Ratusan Pengunjuk Rasa Ditahan Terkait Demonstrasi George Floyd

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:35 WIB
Aksi protes berlanjut di ibu kota Amerika Serikat untuk hari keempat, Senin (1/6), atas kematian George Floyd. Para demonstran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya