Senin 18 Mei 2020, 05:20 WIB

KAI Siapkan Protokol Skenario The New Normal

Dero Iqbal Mahendra | Ekonomi
KAI Siapkan Protokol Skenario The New Normal

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Penumpang mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi di Stasiun Gambir, Jakarta.

 

PT Kereta Api Indonesia sedang mempersiapkan protokol khusus untuk skenario penerapan the new normal. Langkah itu merupakan tindak lanjut surat dengan nomor S-336/MBU/05/2020 pada 15 Mei 2020.

"Saat ini, kami sedang mempersiapkan protokol untuk mengantisipasi skenario penerapan The New Normal di KAI," ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan pers, Minggu (17/5).

Protokol tersebut akan mengatur langkah dan tahapan yang akan diterapkan PT KAI dalam situasi the new normal yang akan mulai berlaku pada 25 Mei 2020.

Baca juga: 800 Karyawan PKWT Garuda Indonesia Dirumahkan

Secara garis besar, protokol tersebut akan berisi protokol pelayanan kepada pelanggan. Protokol itu juga akan mengatur pekerja di bawah usia 45 tahun yang akan kembali bekerja seperti biasa sesuai PSBB di setiap wilayah kerja.

"Meski sebagian karyawan yang berusia di atas 45 tahun masih WFH, termasuk pembagian WFO secara bergantian dan disiplin physical distancing, kami tetap berkomitmen menjaga produktifitas seluruh pekerja KAI,” kata Didiek.

Didiek mengatakan, sampai saat ini, KAI fokus pada layanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) di Jawa, KA Lokal, KRL, dan KA Angkutan Barang. Hal tersebut sebagai bagian dari tanggung jawab KAI untuk turut serta menangani pencegahan covid-19.

Dalam pengoperasiannya, KAI tetap menjalankan protokol pencegahan covid-19 yang diawasi Satgas Covid-19 KAI yang telah terbentuk sejak Maret 2020.

Khusus untuk layanan KA Penumpang, KAI akan tetap mengikuti perkembangan sesuai dengan aturan yang diterbitkan Kementerian Perhubungan selaku regulator perkeretaapian.

"Dalam masa pandemi seperti ini, KAI berkomitmen bahwa BUMN sebagai salah satu penggerak perekonomian bangsa harus tetap berjalan dengan tetap menjalankan protokol pencegahan Covid-19,” tutup Didiek. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Harga Emas Jatuh Lagi

👤Antara 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:36 WIB
Emas kembali turun 1,4 dolar AS atau 0,08% ditutup pada harga 1.726,8 dolar AS per...
AGUS SUPARTO

Mitigasi Risiko dari Penerapan Kenormalan Baru

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:15 WIB
Risiko bila terjadi gelombang kedua penyebaran covid-19 dapat menyebabkan pemulihan ekonomi berlangsung lebih...
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

Pertamina Jaga Produksi Hulu Migas

👤Iam/E-3 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:00 WIB
PRODUKSI migas Pertamina pada triwulan I 2020 cukup stabil dan terjaga dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya