Senin 18 Mei 2020, 05:20 WIB

Dikelilingi Zona Merah Korona, Cirebon Perpanjang PSBB

Nurul Hidayah | Nusantara
Dikelilingi Zona Merah Korona, Cirebon Perpanjang PSBB

ANTARA/Dedhez Anggara
Petugas Polresta Cirebon memeriksa kendaraan yang melintas di pintu Tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (13/5).

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat memutuskan memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Keputusan tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis usai rapat dengan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan aparatur sipil negara yang ada di lingkungan Pemkot Cirebon, Minggu (17/5).

"Dari hasil rapat tadi, kami sudah mengambil sejumlah keputusan yaitu  memperpanjang PSBB untuk 2 minggu ke depan. Selain itu juga diputuskan untuk melakukan karantina parsial di tingkat RT dan RW," jelas Azis.

Keputusan lainnya yang diambil yaitu mencegah migrasi orang masuk ke Kota Cirebon. Daerah-daerah perbatasan akan dijaga dengan ketat dengan waktu yang tidak ditentukan.

Namun, lanjut Azis, mereka juga harus memikirkan perekonomian di Kota Cirebon. Untuk itu, mereka akan mengizinkan toko dan pusat perbelanjaan dibuka namun tetap dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat. "Mereka harus menjalankan prosedur tetap pencegahan penyebaran Covid-19," tegas Azis.

Diantaranya tidak berkerumun, jaga jarak dan ketentuan lainnya. Bahkan Azis juga meminta agar pengelola mall memberlakukan giliran masuk ke dalam mall jika orang yang ada di dalam sudah penuh.

Kondisi yang sama juga diterapkan di pasar tradisional. Untuk itu, lanjut Azis, pihaknya akan memanggil pengelola mall, pusat perbelanjaan, dan kepala pasar yang ada di seluruh Kota Cirebon. Mereka akan diberi izin untuk membuka namun dengan mematuhi semua persyaratan yang telah ditentukan.

"Dibuatkan perjanjian. Jika mereka melanggar, maka akan kita cabut izinya," tegas Azis.

Kebijakan untuk memperpanjang masa PSBB menurut Azis akan segera disampaikan ke Pemprov Jabar. Pemprov Jabar sendiri usai melakukan video conference beberapa hari lalu memberikan keleluasaan kepada setiap  daerah untuk melanjutkan PSBB ini atau tidak.

PSBB tingkat Jawa Barat mulai diberlakukan 6 Mei hingga 19 Mei 2020 mendatang. Berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan Kota Cirebon, sebenarnya penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon sudah melandai.

Ini bisa dilihat dari tidak ada lagi pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit. Namun Kota Cirebon dikelilingi oleh daerah yang masih merah, sehingga keputusan memperpanjang PSBB akhirnya diambil. (R-1)

 

Baca Juga

123rf.com

Pasien Sembuh di Banyuwangi Bertambah

👤Usman Afandi 🕔Minggu 31 Mei 2020, 07:55 WIB
Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur melaporkan adanya penambahan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari...
MI/Dwi Apriani

Kabupaten Aceh Jaya Memasuki Mulai Terapkan Kenormalan Baru

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Minggu 31 Mei 2020, 07:10 WIB
Darurat covid-19 di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, dinyatakan berakhir pada Sabtu (30/5). Artinya kawasan berjuluk Meureuhom Daya itu...
MI/Martinus Solo

ODP dan OTG di Kabupaten Raja Ampat Bertambah

👤Martinus Solo 🕔Minggu 31 Mei 2020, 06:25 WIB
Ada 10 ODP baru dan 3 OTG baru dari wilayah Puskesmas Waisai Kabupaten Raja...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya