Senin 18 Mei 2020, 02:30 WIB

Ribuan Kendaraan Diminta Putar Balik di Bandung Barat

Depi Gunawan | Nusantara
Ribuan Kendaraan Diminta Putar Balik di Bandung Barat

ANTARA/Raisan Al Farisi
Petugas memeriksa kendaraan bermotor di titik pemeriksaan penyekatan pemudik di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (17/5).

 

SEJAK aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap kedua di Kabupaten Bandung Barat, diterapkan, ribuan kendaraan yang melanggar diminta putar balik oleh petugas.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Kabupatan Bandung Barat, sejak 6-14 Mei 2020, tercatat 1.008 pengguna sepeda motor dan 192 mobil yang dipaksa putar arah. Angka tersebut dikumpulkan dari tiga titik check point, yakni Padalarang, Lembang dan Cipatat. Di tiga titik check point tersebut, paling dominan pelanggaran terjadi di wilayah Lembang dengan 470 motor dan 109 mobil.

"Kendaraan yang diputar balikan masuk dari daerah perbatasan seperti Cianjur di wilayah barat dan Subang di utara," kata Kepala Dinas Perhubungan Bandung Barat Ade Komarudin, Minggu (17/5).

Dia mengungkapkan, petugas terpaksa menyuruh pengguna kendaraan agar memutar balik karena mereka tidak punya alasan yang jelas saat ditanya petugas check point. Bahkan beberapa yang ditindak terindikasi akan melaksanakan mudik.

"Ada yang hanya menjawab iseng-iseng saja ketika diperiksa di pos check point, ada pula yang akan mudik. Ketika diperiksa, KTP-nya asal luar daerah. Makanya kami suruh putar balik," ujarnya.

Ade mengatakan, penjagaan check point di wilayah perbatasan seperti Cipatat dan Lembang mengerahkan 16 personel Dishub dibantu aparat kepolisian dan TNI. "Kita tingkatkan penjagaan agar tidak ada orang yang masuk ke Bandung Barat secara diam-diam tanpa alasan dan tujuan yang jelas," bebernya.

Selama penerapan aturan PSBB, dia mengaku, para pelanggar bisa menerima sanksi yang diberikan petugas. "Mereka diimbau serta diberi pengertian. Alhamdulillah, mereka bisa memahami dan langsung putar balik ke tempat asalnya," ucap Ade. (R-1)

 

Baca Juga

Dok MI

Total Kasus Sembuh Covid-19 di Riau Capai 76

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 27 Mei 2020, 01:55 WIB
Ssaat ini Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad, Riau telah menerima 5.458 spesimen swab. Selain itu, alat PCR juga telah memeriksa...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Dua Hari Terakhir Nihil Tambahan Positif Korona di DIY

👤Ardi Teristi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 01:55 WIB
Secara keseluruhan, hasil tes PCR sudah menyatakan 226 orang positif, dengan rincian 95 masih dirawat, 132 orang sudah sembuh, dan 8...
DOK MI

Kasus Sembuh Korona di Sragen Bertambah

👤Widjajadi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 00:40 WIB
Delapan pasien yang sembuh dari sergapan positif korona itu langsung diperbolehkan pulang dari tempat perawatan di  RSUD dr Soehadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya