Senin 18 Mei 2020, 02:05 WIB

DPRD Desak Pemda DIY Gelar Rapid Test di Pusat Keramaian

Ardi Teristi | Nusantara
DPRD Desak Pemda DIY Gelar Rapid Test di Pusat Keramaian

DOK MI
Ilustrasi

 

KOMISI A DPRD DIY mendesak Pemda DIY menggelar tes cepat Covid-19 (rapid test) di pusat-pusat keramaian, termasuk pasar tradisional dan moderen. Langkah tersebut dinilai penting dan mendesak mencegah kasus Covid-19 tidak semakin bertambah.
 
Ketua Komisi A DPRD Provinsi DIY, Eko Suwanto, Minggu (17/5) mengatakan desakan itu dikeluarkan agar kasus Covid-19 di DIY tidak bertambah. Pihaknya juga mengingatkan, semua pihak memahami pola penyebaran Covid-19.

Selain itu dirinya juga meminta masyarakat umum mematuhi protokol kesehatan, jaga jarak,  hidup sehat dengan selalu rajin cuci tangan pakai sabun setelah beraktivitas, dan memakai masker. "Jujur sampaikan keterangan kepada petugas kesehatan berkaitan dengan aktifitas 14 hari terakhir saat akses fasilitas kesehatan," kata Eko.

Sebelumnya, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X pernah menyatakan pasar tradisional maupun modern, sebagai pusat ekonomi perlu menjadi sasaran utama dilaksanakannya rapid test Covid-19.

"Berkaca pada kasus (klaster) Indogrosir, apa tidak sebaiknya dilakukan rapid test secara acak di tempat yang lain, misalnya supermarket lain atau di pasar-pasar untuk melihat kondisinya saat ini bagaimana," terang Sri Sultan.

Sekda Pemda DIY, Kadarmanta Bakara Aji menyampaikan, rapid test secara acak di pasar bisa dilaksanakan. Saat ini, pihaknya masih memiliki sekitar 3000 rapid test. Selain itu, pemerintah kabupaten dan kota, serta rumah sakit juga masih memiliki rapid test dalam jumlah yang cukup banyak. (R-1)

Baca Juga

Istimewa

Empat Perwira Penerbad Korban Helikopter Jatuh

👤Akhmad Safuan 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 18:55 WIB
SEBUAH Helikopter M17 dengan nomor registrasi HA 5141 milik kesatuan Peberbangan Angkatan Darat (Penerbad) jatuh di dekat Kawasan Industeri...
dok pemprov jatim

Kinerja Polda Jatim Ungkap Narkoba di Tengah Pandemi Diapresiasi

👤RO/Micom 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 18:51 WIB
Banyaknya sabu yang disita dalam satu kasus ini menjadi rekor baru di jajaran Polda...
MI/John Lewar

Satu Makam PDP Covid-19 di Mabar Dibongkar, Jenazahnya Hilang

👤John Lewar 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 18:50 WIB
SATU kuburan jasad Pasien Dalam Pemantauan (PDP) di Mejerite, Desa Tanjung Boleng, berdekatan dengan Kampung Lancang, Kecamatan Komodo,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya