Senin 18 Mei 2020, 01:30 WIB

Tiongkok Lakukan Penyelidikan Komprehensif ABK WNI

Tiongkok Lakukan Penyelidikan Komprehensif ABK WNI

Dok. MBC
Pelarungan di kapal nelayan Tiongkok yang dilaporkan oleh media Korsel, MBC.

 

PEMERINTAH Tiongkok menyebut bahwa pihaknya sangat mementingkan masalah yang melibatkan beberapa ABK WNI yang meninggal saat bekerja di kapal perikanan Tiongkok, yakni Long Xing 629 dan kasus yang baru muncul ke permukaan, Luqing Yuan Yu 623, tempat insiden dugaan pelarungan terjadi.

“Tiongkok sangat mementingkan masalah yang melibatkan ABK WNI di kapal perikanan Tiongkok sejak masalah itu terjadi, dan selama ini menjaga komunikasi erat dengan pihak Indonesia via jalur diplomatik,” ujar juru bicara Kedutaan Besar Tiongkok disampaikan lewat website Chineseembassy. org pada Sabtu (16/5). 

“Ini adalah insiden yang menyedihkan. Pihak yang berwajib Tiongkok sedang melakukan penyelidikan yang komprehensif.” “Kami berharap dan percaya bahwa atas investigasi yang komprehensif, berdasarkan fakta, dan melalui negosiasi persahabatan bilateral, masalah terkait ABK WNI akan diselesaikan secepat mungkin sesuai dengan hukum, peraturan, serta kontrak komersial yang relevan.”

Belum lama ini video dugaan pelarungan beredar di media sosial. Video yang menunjukkan peristiwa tersebut diunggah sebuah akun di laman Facebook Suwarno Cano Swe. Video kedua memperlihatkan tiga orang yang berbicara dalam bahasa Mandarin sedang membungkus jenazah ABK. Di video ketiga, jenazah ABK yang telah terbungkus itu dilarung ke laut.

Kementerian Luar Negeri RI telah mengetahui adanya video yang beredar di sosial media tersebut. Namun, para pejabat masih melakukan varifi kasi dan validasi informasi. “Kemlu RI telah menghubungi akun sosmed yang pertama kali mengunggah video tersebut. Belum ada informasi lebih detail yang didapatkan,” ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Joedha Nugraha dalam keterangan tertulis, kemarin.

KBRI Beijing Tiongkok dan KBRI Nairobi juga tengah mencari informasi mengenai kejadian itu kepada otoritas setempat. (Hym/Ant/I-1)


 

Baca Juga

AFP/Christopher Black

WHO Bentuk Yayasan untuk Tingkatkan Pendanaan Anti-Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 08:18 WIB
Upaya ini untuk membantu meringankan kekurangan uang tunai potensial saat memimpin perjuangan global melawan pandemi virus korona baru...
AFP/Karen Ducey

Kematian akibat Covid-19 di AS Lampaui Angka 100.000 Jiwa

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:57 WIB
Universitas Johns Hopkins mencatat angka kematian di AS yang dikonfirmasi tepat sebelum pukul 22.00 waktu setempat adalah 100.047 jiwa,...
AFP

Pasar Malam di Jepang di Era Normal Baru

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 02:10 WIB
KETIKA pasar malam di Jepang perlahanlahan dibuka kembali, sekelompok operator taman bermain telah merilis pedoman...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya