Senin 18 Mei 2020, 00:10 WIB

Herta Berlin Lolos Sanksi

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Herta Berlin Lolos Sanksi

AFP
Perhelatan Bundesliga

 

LIGA Sepak Bola Jerman (DFL) tidak memberi sanksi kepada pemain Hertha Berlin atas perayaan gol yang tidak mematuhi protokol medis. 

Saat mengalahkan Hoffenheim dengan skor 3-0 pada lanjutan Bundesliga, Sabtu (16/5) malam, pemain Hertha Berlin tampak mencium dan memeluk saat perayaan gol. Bundesliga mendapat lampu hijau untuk bergulir pertengahan Mei ini setelah klub menyetujui aturan protokol medis yang ketat untuk mencegah penyebaran virus korona atau covid-19. Saat perayaan, pemain diminta menghindari kontak fi sik atau cukup melakukan tos dengan siku atau kaki.

Namun, apa yang dilakukan pemain Hertha Berlin justru melanggar protokol medis. Bek Hertha Berlin Dedryck Boyata tampak mencium pipi rekan setimnya, Marko Grujic, saat perayaan gol pertama. Seorang juru bicara DFL menegaskan tidak akan ada hukuman untuk Hertha Berlin karena pihaknya hanya memberikan pedoman tentang bagaimana gol seharusnya dirayakan. Pihaknya hanya mengimbau pemain untuk menghindari kontak agar meminimalkan risiko covid-19.

“Untuk perayaan, hanya saran yang diberikan dan karena itu, tidak ada sanksi,” kata juru bicara DFL. 

Untuk memastikan lanjutan kompetisi tetap berjalan aman, DFL akan menguji pemain dan pelatih secara  teratur dan tim juga telah dikarantina selama sepekan terakhir. Sementara itu, pelatih Hertha Berlin Bruno Labbadia yang menjalani debutnya pada laga kali ini mengatakan sulit bagi anak asuhnya untuk tidak merayakan gol. Terlebih ketika gol itu sangat berarti bagi tim.

Kemenangan itu membuat Hertha Berlin menjauh dari zona degradasi dan kini menempati peringkat ke-11 dengan 31 poin. “Ini bagian dari sepak bola. Jika kamu tidak bisa merayakan gol lagi, semuanya akan terpuruk. Saya hanya bahagia bahwa tim punya alasan untuk bersorak hari ini,” ungkap Labbadia.

Di bagian lain, “Tidak ada keriuhan, saat menembak ke gawang, membuat umpan cantik, mencetak gol, ini sangat aneh,” kata Favre, dilansir dari AFP.

Pada laga yang berkesudahan 4-0 itu, Raphael Guerreiro menjadi bintang dengan torehan dua gol, menit ke-45 dan 63’. Dua gol lainnya dilesakkan Erling Braut Haaland menit ke-29 dan Thorgan Hazard menit ke-48.

Saat selebrasi pemain merayakannya dengan tetap menjaga jarak seperti yang dilakukan Haaland saat gol pertama.


Latihan kelompok

Setelah Bundeliga, dua kompetisi elite Eropa, yakni Liga Italia Seri A dan La Liga Spanyol, segera bergulir pula. Mulai hari ini klub Seri A sudah bisa berlatih secara kelompok kendati tetap dilakukan protokol medis secara ketat. Hal yang sama juga bakal dilakukan klub La Liga.

“Pelatihan tim akan dimulai kembali pada 18 Mei, termasuk sepak bola,” kata Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte, dilansir dari Goal.

“(Menteri Olahraga Vincenzo) Spadafora telah mengikuti situasi dengan penuh perhatian besar dan bertanggung jawab,” tambah Conte. 

Di Spanyol, klub seperti Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona akan kembali berlatih secara berkelompok hingga 10 orang. Wilayah Madrid dan Catalan merupakan daerah paling parah terkena covid-19. Karena itu, izin pemerintah itu diberikan dengan menekankan klub mematuhi tindakan pencegahan dan kebersihan yang dianjurkan.

Sebaliknya, nasib Liga Inggris yang juga bersiap kembali digelar pada bulan depan kembali mencuatkan polemik. Pasalnya pemain mulai menyuarakan masih terlalu berbahaya untuk berkompetisi untuk saat ini. (AFP/Goal/R-2)
 

Baca Juga

Dok. Wikipedia

Ini Syarat dari Persija Jika Liga 1 akan Dilanjutkan

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 03 Juni 2020, 21:22 WIB
Jika diprediksi kurva akan melandai pada Oktober, maka ia mengatakan kompetisi sebaiknya digelar di Pulau Jawa untuk meminimalisir...
MI/Pius Erlangga

PSSI Sebut Klub Setuju Lanjutkan Kompetisi

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:41 WIB
Seluruh klub sepakbola liga 1 dan 2 sepakat untuk melanjutkan kompetisi yang sebelumnya ditunda sejak Maret karena pandemi...
Ilustrasi

PSSI Siapkan Protokol Medis untuk Lanjutkan Kompetisi

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:21 WIB
PSSI telah menyusun protokol medis yang akan diterapkan saat kompetisi Liga 1 dan 2 kembali bergulir. Sebelumnya, klub dan PSSI telah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya