Minggu 17 Mei 2020, 21:17 WIB

Seruan Salat Idul Fitri Dirumah, DKI Libatkan Aparat

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Seruan Salat Idul Fitri Dirumah, DKI Libatkan Aparat

Antara
Ilustrasi

 

PEMERINTAH provinsi (pemprov) DKI Jakarta bakal melibatkan aparat dalam pengawasan Salat Idul Fitri 1441 H pada 24 Mei mendatang.

Pasalnya, dalam aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Ibu kota, dilarang adanya pengumpulan warga dalam kegiatan beribadah. Hal itu untuk mencegah penularan covid-19.

"Aparat wilayah sudah berkoordinasi mengenai hal tersebut. Pihak Pemprov DKI Jakarta tetap berpedoman pada aturan PSBB yang berlaku saat ini," ujar Kepala Biro Pendidikan, Mental, dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Hendra Hidayat saat dikonfirmasi, Jakarta, Minggu (17/5).

Pelaksanaan Salat Idul Fitri di rumah diikuti oleh seruan resmi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta dan Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta. Mereka bahkan, melarang adanya takbiran keliling.

"Seruan bersama MUI-DMI itu sudah merupakan seruan ke semua pihak, termasuk kepada seluruh masyarakat," kata Hendra.

Menurutnya, soal seruan tersebut memang merupakan domain MUI. Sedangkan, DMI merupakan koordinator seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang ada di Jakarta.

Baca juga :Rapid Test di Jakarta: Lebih dari 96 Ribu Orang Negatif Covid-19

 "Itulah sebabnya seruan bersama pelaksanaan Salat Idu Fitri di rumah dibuat," terang Hendra.

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta Mohammad Arifin, mendukung keputusan tersebut. Ia menyebut penularan covid-19 di Jakarta masih tertinggi ketimbang daerah lain. Saat ini kasus positif covid-19 mencapai 5.992 kasus.

"Sebaiknya berkoordinasi dengan aparat pemerintah kepolisian setempat," sebut Arifin.

Sebelumnya, Ketua Majelis Ulama Indonesia DKI Jakarta KH Munahar Muchtar dalam surat seruan resmi menegaskan, agar seluruh ummat Islam dan pengurus masjid atau musholla se-DKI Jakarta untuk tetap beribadah Idul Fitri dengan menghindari berkumpulnya massa dalam jumlah besar.

" Salat Idul Fitri yang lazimnya dilaksanakan berjamaah di masjid atau di lapangan, agar dilakukan bersama keluarga di rumah," ungkap Munahar, Jakarta , kemarin. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara/Risyal Hidayat

New Normal, LRT Jakarta Sediakan Footswitch Saat Masuk Lift

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 01 Juni 2020, 10:20 WIB
Pada saat kenormalan baru atau new normal diterapkan di Jakarta, transportasi light rail transit (LRT) Jakarta bakal meniadakan kontak...
MI/MOHAMAD IRFAN

​​​​​​​Selama Mei, 205 Orang Masuk ke Jakarta Lewat Pulo Gebang

👤Tri Subarkah 🕔Senin 01 Juni 2020, 09:55 WIB
"Kedatangan penumpang sejak 9 Mei sampai 31 Mei berjumlah 205 orang dengan menggunakan 43 bus," Kasatpel Operasional dan...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Pusat-Daerah Harus Bersinergi Bahas Pembukaan Sekolah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:09 WIB
"Saran kami, Gugus Tugas Nasional dengan kementerian terkait duduk bersama Pemprov DKI mengulas hasil evaluasinya berdasarkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya