Minggu 17 Mei 2020, 12:14 WIB

Triwulan I, Sektor Pertanian Salah Satu Kontributor Utama PDB

mediaindonesia.com | Ekonomi
Triwulan I, Sektor Pertanian Salah Satu Kontributor Utama PDB

DOK KEMENTAN
Mentan Syahrul meminta percepat masa tanam antisipasi kekeringan.

 

Pertumbuhan PDB sektor pertanian di triwulan I tahun 2020 yang tumbuh 0.02%, menjadi perhatian Kementerian Pertanian. Kuntoro Boga Andri, Kepala Biro Humas dan Informasi publik Kementan mengatakan berita statistik BPS, menggambarkan kondisi bulan-bulan awal 2020 yang belum memasuki masa panen.

Menurut Kuntoro, memang benar terjadi pergeseran musim tanam dan panen tahun ini, khususnya tanaman pangan sehingga terjadi kontraksi PDB di kuartal I. Namun secara keseluruhan struktur PDB Sektor pertanian tumbuh positif 12,84% (y on y) dibanding triwulan I tahun 2019 yg hanya 12,65%.

"PDB Pertanian adalah 3 besar kontributor bagi PDB di triwulan I 2020, meski hanya tumbuh 0,02%. Saat ini kita mulai masuk masa panen raya komoditas tanaman pangan, karenanya kami  optimis sektor pertanian terus berkontribusi besar bagi ekonomi nasional," jelas Kuntoro, Minggu (17/5/2020).

Baca Juga: Mentan: Musim Tanam Akan Dipercepat untuk Antisipasi Kekeringan

Indikator pada triwulan I saat ini bergerak positif, mengingat musim panen raya tanaman pangan telah tiba, tanaman perkebunan masih bertumbuh, hortikultura masih ada permintaan domestik dan ekspor, dan upah buruh tani meningkat. Meski begitu Kuntoro menekankan dampak pandemi Covid-19 ikut memengaruhi.

"Saya kira semua sektor akan terpengaruh pandemi. Namun sektor pertanian tidak akan berhenti, karena setiap hari kita masih butuh pangan, demand-nya terbuka. Dan petani masih terus produksi. Beberapa komoditas bahkan surplus memicu deflasi," kata Kuntoro.

Karenanya, Mentan Syahrul Yasin Limpo memerintahkan percepatan masa tanam dan pemberian insentif bagi petani sebagai strategi penguatan sektor pertanian pada kuartal II tahun 2020 ini. Pemerintah ingin terus menjaga tren positif ini, agar petani nyaman dalam usaha pertanian, tutupnya. (RO/OL-10)

Baca Juga

THINKSTOCK

Lazada dan Pakuwon Group Hadirkan e-mall Pertama

👤Retno Hemawati 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 00:23 WIB
Konsumen dari seluruh Indonesia bisa mendapatkan akses mudah untuk berbelanja produk-produk dari berbagai merek ternama...
DOK PUPR

Tol Pandaan-Malang Raih Sertifikat Green Toll Road Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Juli 2020, 23:11 WIB
Pembangunan Tol Pandaan-Malang dinilai  memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dan berkelanjutan sejak tahap perancangan,...
DOK PUPR

Kementerian PUPR Sertifikasi Pekerja Bangunan Program Sarhunta

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Juli 2020, 23:08 WIB
Dikatakan Menteri Basuki, saat ini jumlah SDM konstruksi yang bersertifikasi relatif sedikit, baik tenaga kerja konstruksi ahli, madya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya