Minggu 17 Mei 2020, 14:30 WIB

Obama: Pandemi Tunjukkan Ketidakbecusan Pemimpin AS

Basuki Eka Purnama | Internasional
Obama: Pandemi Tunjukkan Ketidakbecusan Pemimpin AS

AFP/RHONA WISE
Barack Obama

 

BARACK Obama secara tidak langsung mengkritik penerusnya Donald Trump saat ambil bagian dalam wisuda daring, Sabtu (16/5). Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) itu sebelumnya tidak pernah mengkritik Trump.

"Lebih dari apa pun, pandemi ini menunjukkan dengan jelas bahwa banyak orang yang berada di pucuk pimpinan negeri ini tidak tahu apa yang mereka lakukan," ujar Obama kepada wisudawan dari sejumlah universitas yang didominasi warga kulit hitam.

"Banyak dari mereka berpura-pura memegang kendali," imbuhnya saat membahas impilkasi dari covid-19 tanpa menyebutkan nama pemimpin yang dimaksud.

Baca juga: Amerika Bersatu Gelar Kompetisi Masker Lebaran

Obama selama ini memilih tidak menonjolkan diri sejak meninggalkan posisi presiden AS pada Januari 2017.

Pada Sabtu (16/5), dia juga menggarisbawahi bahwa krisis kesehatan ini memunculkan ketidakadilan ras di AS dengan mengacu pada penembakan Ahmaud Arbery yang tewas ditembak saat sedang joging di Georgia.

"Penyakit seperti ini hanya menunjukkan betapa tidak adilnya perlakuan terhadap komunitas kulit hitam di negara ini," ujar Obama.

"Kita bisa melihat betapa buruknya dampak covid-19 terhadap komunitas kita. Kita bisa melihatnya dari seorang pria kulit hitam yang sedang joging dan sejumlah orang merasa perlu mencegatnya, menanyainya, dan kemudian menembaknya," serunya. (AFP/OL-1)

 

Baca Juga

INSTAGRAM/kbridsm

Berbagi Keceriaan Idulfitri untuk WNI di Tanzania

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 14:00 WIB
Duta Besar RI Dar es Salaam Prof. Dr. Ratlan Pardede berharap Idulfitri tahun ini tidak kehilangan makna karena keterbatasan yang ada...
AFP/KARIM JAAFAR

Dianggap Langgar Privasi, Aplikasi Covid-19 Qatar Tuai Kecaman

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 25 Mei 2020, 12:15 WIB
Aplikasi versi Qatar ini juga memaksa pengguna gawai Android untuk mengizinkan akses ke galeri foto dan video serta mengizinkan aplikasi...
AFP/Behrouz MEHRI

Jepang Berencana Cabut Darurat Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 25 Mei 2020, 11:25 WIB
Mayoritas warga menuruti imbauan itu dengan mayoritas jalan di Tokyo menjadi sepi dan angka infeksi covid-19 turun dari 700 per hari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya