Minggu 17 Mei 2020, 07:08 WIB

Warga Jerman Gelar Demonstrasi Covid-19

Basuki Eka Purnama | Internasional
Warga Jerman Gelar Demonstrasi Covid-19

AFP/ Tobias SCHWARZ
Demonstran mengenakan masker bertuliskan, "Jangan Beri (Bill) Gates Kesempatan" menghadiri aksi demonstrasi menentang lockdown di Berlin.

 

MARAH karena aturan lockdown, rencana vaksinasi, atau tudingan aksi mata-mata oleh pemerintah, ribuan orang turun ke jalan-jalan kota Jerman pada Sabtu (16/5).

Awalnya hanya dilakukan segelintir orang yang menentang aturan pembatasan untuk mencegah penyebaran covid-19, aksi itu meluas selama beberapa peka terakhir menjadi diikuti ribuan orang di kota-kota besar Jerman.

Ribuan penentang lockdown, penganut teori konspirasi, antivaksin, dan kelompok ekstrem menggelar aksi mereka pada Sabtu (16/5) dengan lebih dari 5 ribu orang di Stuttgart, 1.500 di Frankfurt, dan 1.000 di Muenchen.

Baca juga: Muncul Kasus Baru Covid-19, Wuhan Kembali Terapkan Lockdown

"Korona itu palsu," bunyi sebuah poster. "Tolak isolasi, masker, tracking, dan vaksin," punyi poster lainnya.

Polii di Berlin menahan sekitar 200 orang setelah terjadi bentrokan. Sementara di Hamburg, penganut teori konspirasi terlibat bentrok dengan demonstran antilockdown.

Merebaknya demonstrasi yang terjadi mengingatkan Jerman mengenai aksi antimuslim Pegida pada 2015. Hal itu memicu pertanyaan apakah dukungan kuat bagi Merkel atas penanangannya terhadap covid-19 akan merosot.

Sama seperti kala mereka meraup popularitas dengan mengipasi sentimen antimigran, lima tahun lalu, partai sayap kanan AfD kini bergabung dengan para demonstran dan menempatkan diri sebagai partai antilockdown.

Sebuah survei terbaru yang dilakukan majalah Spiegel menemukan satu dari empat warga Jerman mengaku bisa meneirma aksi demonstrasi itu. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Partai Republik Khawatir Trump bakal Kalah di Pilpres AS

👤MI 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 01:15 WIB
BEBERAPA petinggi Partai Republik mulai khawatir jelang kontestasi pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) pada November...
AFP

Ratusan Gajah di Botswana Ditemukan Mati Misterius

👤MI 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 00:55 WIB
SELAMA dua bulan terakhir, ratusan gajah Afrika di Botswana ditemukan mati secara...
AFP

Rekor Kasus Covid-19 kembali Muncul di AS

👤MI 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 00:35 WIB
AMERIKA Serikat kemarin kembali membukukan rekor 53.000 kasus baru virus korona dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya