Minggu 17 Mei 2020, 05:25 WIB

Berkunjung ke Kebun Binatang secara Daring

Ins/RO/E-1 | Humaniora
Berkunjung ke Kebun Binatang secara Daring

Dok.MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi -- Warga menikmati liburan di Ragunan Sebelum Masa Pandemi Covid-19

 

KEBUN binatang merupakan objek wisata yang kerap dikunjungi oleh warga dalam mengisi hari libur. Namun, di tengah pandemi covid-19, kebiasaan warga untuk datang ke kebun binatang tidak dapat dilakukan karena adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Demi mengobati kerinduan warga untuk dapat melihat hewan yang ada di kebun binatang, sejumlah pengelola kebun binatang atau taman satwa berinisatif menampilkan hewan koleksinya melalui layanan virtual di media sosial.

Seperti yang dilakukan oleh pengelola Taman Margasatwa Ragunan. Kebun binatang yang berlokasi di Jakarta Selatan itu telah memasuki pekan kedua menampilkan hewan atau satwa yang ada. Pada Minggu (17/5), masyarakat dapat melihat harimau sumatra secara live di Instagram milik pengelola Kebun Binatang Ragunan pada pukul 10.00.

“Kegiatan itu ditujukan untuk warga di rumah yang belum bisa berkunjung ke Ragunan. Tingkah satwa itu bisa ditonton live melalui akun Instagram kami. Itu untuk menghibur masyarakat yang kangen berkunjung ke Ragunan,” ujar Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widarsana kemarin.

Pada kegiatan pertama, sebanyak 1.700 lebih viewers yang menyaksikan tingkah satwa yang ada di Ragunan. Menurutnya, wisata virtual ini akan dilakukan tiap pekan. “Besok yang tayang harimau sumatra dulu. Minggu besok mungkin ada gorila dan beruang,” kata Ketut.

Pengelola Taman Safari Bogor juga menampilkan atraksi memberi makan satwanya secara live setiap Selasa dan Sabtu. Atraksi serupa juga dilakukan oleh pengelola Seaworld Ancol.

Lepas dari upaya menghibur masyarakat melalui layanan daring, pengelola taman satwa ini sejatinya mengalami kesulitan karena ketiadaannya pengunjung.

Untuk itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) akan memberikan subsidi pakan bagi yang berasal dari refocusing program dan anggaran yang dikelola Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK. (Ins/RO/E-1)

Baca Juga

MI/Permana

PGRI : Pemerintah Perlu Susun Kurikulum Era Pandemi untuk Sekolah

👤Antara 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:35 WIB
Dia menambahkan kurikulum sekarang yang padat konten, sulit mendorong anak untuk belajar secara mandiri di...
Dok. JCUIM

Yayasan Jokowi Center Berdonasi ke Warga Terdampak Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:30 WIB
Adapun mekanisme pembagiannya melalui pendataan mandiri yang dibagikan langsung para Relawan Jokowi Center Peduli (JCP) di masing masing...
AFP

Mantan Rektor Yakin Virgin Coconut Oil Bisa Matikan Covid-19

👤Henri Siagian 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 21:53 WIB
Terkait manfaat VCO, guru besar Fakultas Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi (MIPA) Untan itu mengklaim sudah digunakan dalam pengobatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya