Minggu 17 Mei 2020, 02:05 WIB

Gurih Harum Thailand untuk Berbuka Puasa

Dero Iqbal Mahendra | Humaniora
Gurih Harum Thailand untuk Berbuka Puasa

Dok. Thai Alley
Tom yam talay

 

MENJALANI ibadah puasa di masa pandemi membuat acara berbuka puasa bersama tidak bisa lagi dilakukan.

Meski begitu, berbuka puasa di rumah tidak berarti kehilangan kesempatan menikmati kuliner istimewa, termasuk dari resto-resto favorit. Demi memenuhi keinginan pelanggan,
termasuk bersiasat bisnis di penerapan physical distancing, banyak resto memberi layanan pemesanan daring.

Salah satunya ialah Thai Alley, restoran berkonsep kuliner jalanan Thailand. Media Indonesia berkesempatan mencicip layanan pesan antar dari resto itu, beberapa waktu lalu. Masakan yang disediakan sebagaimana yang ada pada menu di restoran, baik makanan utama maupun makanan pendamping atau penutup.

Salah satu yang istimewa ialah gai hor bai toey atau ayam pandan goreng khas Thailand. Walau jarak pengiriman cukup jauh, yakni lebih dari 20 km, masakan tersebut masih hangat dengan aroma harum pandan bercampur wangi ayam goreng menguar begitu kemasannya dibuka.

Daun pandan menjadi pembungkus setiap potongan ayam. Daunnya tampak mengilap dan kecokelatan, pertanda dimasak bersama ayamnya, bukan sekadar pembungkus ketika sudah matang. Rasa masakannya pun sejurus dengan penampilannya, yakni gurih manis dengan rasa ketumbar yang pas. Cocok disantap dengan nasi hangat saat berbuka puasa.

Thai Alley menjelaskan jika proses memasak paham ayam berkulit itu menggunakan bumbu ungkepan yang terdiri atas beragam rempah dan kondimen, seperti kecap manis dan saus tiram. Setelah diungkep, ayam barulah dibungkus daun pandan dan dikukus, baru kemudian digoreng. Dengan proses masak ini, daging ayam bisa benar empuk, sedangkan bagian luarnya garing.


Menu legendaris

Menu lainnya yang juga Anda dapat nikmati di rumah ialah masakan legendaris ‘Negeri Gajah Putih’, yakni tom yam dan hidangan penutup singkong rebus santan. Ada beberapa masakan tom yam yang disediakan Thai Alley, termasuk yang disajikan di batok kelapa.

Saya mencicip tom yam talay yang di dalamnya ada udang pacet besar, crabstick Jepang, ikan tilapia, dan jamur champignon. Bahan tersebut dimasak dengan kuah dengan campuran kaldu ayam, serai, daun jeruk, bawang putih, bawang merah, jahe, dan saus cabai Thailand.

Sup ini terasa segar karena menggunakan daun jeruk serta air jeruk nipis. Menyantapnya bisa tanpa pendamping ataupun juga dengan nasi. Keduanya sama nikmat.

Sebagai penutup ataupun takjil, Anda bisa memilih masakan legendaris lainnya, yakni man cham atau singkong rebus dengan saus santan khas Thailand. Menu ini juga menggunakan daun pandan sehingga beraroma harum.

Thai Alley menjelaskan jika salah satu kunci dalam memasak hidangan ini ialah pemasukan tepung jagung dan garam yang harus dilarutkan dengan sedikit air. Hal ini dilakukan guna memberikan tekstur halus dan tidak menggumpal.

Selama ramadan ini, Thai Alley membuat promo beragam untuk menu buka puasa bersama keluarga, yakni paket promo untuk 3-4 orang, 5-6 orang, hingga untuk 7-8 orang. Hal menarik dari promo ini ialah Anda hanya menikmati hidangan Thailand di rumah, tetapi pada saat yang sama juga ikut berbagi berkah.

Itu karena untuk setiap pembelian Promo Berbagi, Thai Alley akan memberikan gratis takjil kepada pembeli dan gratis rice bowl kepada pengemudi ojek daring yang menjadi pengantar. Program Thai Alley ini juga masuk Bukber Online yang digagas Dapur Online.

Dapur Online (@DapurOnlineID) ialah konsep restoran berbasis daring pertama di Indonesia. Dapur Online mengumpulkan menu-menu andalan dari berbagai restoran pilihan sehingga penikmat kuliner dapat memesan praktis dari satu tempat dengan satu kali pengi riman. (M-1)

 

Baca Juga

Medcom.id

Sudah 63.029 Desa Terima BLT Dana Desa

👤Iam/X-7 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:10 WIB
Beberapa masalah terhambatnya penyaluran BLT dana desa, antara lain adanya kepala desa yang baru dilantik saat penyaluran BLT. Selain itu,...
MI/FERDINANDUS RABU

Mengunjungi Rumah-Rumah demi Minat Baca Anak

👤Ferdinandus Rabu/X-7 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:50 WIB
Upaya yang dilakukan dari rumah ke rumah itu bertujuan agar minat baca anak tetap terjaga di tengah pandemi covid-19 saat...
Antara

Tidak Ada Kasus Baru di 7 Provinsi

👤Ifa/Pra/X-10 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:35 WIB
Hingga kemarin, sebanyak 6.057 pasien covid-19 dinyatakan sembuh. Angka itu meningkat sebanyak 180 orang dari hari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya